2 Resolusi Ditelurkan Forum IPU ke-144 yang Dipimpin Puan

Ketua DPR Puan Maharani di Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

VIVA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang ditutup hari ini Kamis, 24 Maret 2022 telah menghasilkan dua resolusi untuk menjawab tantangan global saat ini.

DPR Bikin Kaukus Air, Putu Rudana: Jadi Komitmen Perjuangan Kita di Forum WWF ke 10

“Kita yang ada di ruangan ini telah berupaya menjawab tantangan tersebut, dengan mencapai kesepakatan, yang tetap mengakomodir perbedaan pandangan,” kata Puan di kawasan Nusa Dua, Bali.

Adapun dua resolusi yang disepakati dalam Forum IPU 144 di Nusa Dua Bali yakni resolusi di Standing Committee on Peace and Security di mana menekankan kembali pentingnya prinsip-prinsip yang tertuang dalam piagam PBB serta peran parlemen dalam mempromosikan rekonsiliasi dan stabilitas di wilayah konflik.

Pentingnya Refleksi Tengah Tahun untuk Evaluasi Resolusi yang Dituju

“Kedua, resolusi di Standing Committee on Sustainable Development mengajak parlemen untuk terus meningkatkan peran teknologi komunikasi dan informasi di dunia pendidikan,” lanjut dia.

Selain itu Puan mengatakan, emergency item telah menyepakati dokumen menggarisbawahi peran dialog dan diplomasi parlemen. “Kita menyerukan mediasi dan penyelesaian perang di Ukraina. Resolusi ini juga merekomendasikan pembentukan task force untuk implementasi dan tindak lanjut,” ujarnya.

Puan Bilang Penyusunan RAPBN 2025 Berbasis RPJMN Prabowo-Gibran

Untuk itu Puan mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi yang telah hadir dan berpartisipasi aktif selama pertemuan. Kemudian apresiasi juga disampaikan kepada Presiden IPU Duarte Pacheco, Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong dan seluruh delegasi IPU 144 atas berjalannya kegiatan ini.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pemerintah Indonesia, pemerintah daerah Bali dan masyarakat Bali,” ucapnya.
 

Wakil Ketua BKASP DPR RI, Putu Supadma Rudana dan Presiden Dewan Air Dunia.

WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana: Penanda Air Bukan Isu Ecek-ecek tapi Sangat Krusial

Menurut Anggota biro Komite IPU Putu Rudana, isu air sangat krusial bagi keberlangsungan hidup manusia, wilayah, politik, bahkan pembangunan berkelanjutan.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024