Logo BBC

KTT G20: Upaya RI Melobi Negara-negara Barat agar Tidak Memboikot

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa, di tengah ancaman boikot Amerika Serikat terhadap pertemuan G20 jika Rusia menghadirinya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah mengatakan, kunjungan kerja itu antara lain membahas berbagai isu terkini, mulai upaya peredaan ketegangan Rusia-Ukraina hingga upaya lobi terkait KTT G20.

Namun politikus dan anggota DPR, Effendi Simbolon menganggap langkah itu seharusnya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, sehingga dampaknya diharapkan bisa lebih terasa.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen mengatakan pihaknya akan memboikot sejumlah pertemuan G20 di Bali jika pejabat Rusia hadir.

Sementara, pengamat hubungan internasional Aleksius Jemadu mengatakan, Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, tetap harus menggelar acara itu tepat waktu, walaupun nantinya benar-benar diboikot oleh negara-negara Barat.

Baca juga:

Perang di Ukraina: Mayoritas publik Indonesia kagumi Putin, pakar khawatir `bangsa kita dicap hipokrit`
Perang Ukraina: Didesak untuk dikeluarkan dari G20, Kremlin: `Tak ada hal mengerikan yang akan terjadi`, Indonesia tetap mengundang Putin
Rusia serang Ukraina: Apakah orang-orang Rusia benar-benar mendukung invasi?

Getty Images
Presiden AS Joe Biden dan Menteri Keuangan Janet Yellen.


`Biden meminta Rusia dikeluarkan dari G20`