Logo BBC

Anak-anak Putin Jago Bisnis, Benarkah Aset Besar Disimpan di Mereka?

Putin dan keluarganya saat berlibur. BBC Indonesia
Putin dan keluarganya saat berlibur. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Presiden Rusia, Vladimir Putin, selalu berhati-hati ketika ditanya soal keluarganya. Pada 2015, di suatu konferensi pers, dia menghindari pertanyaan tentang identitas anak-anaknya.

"Putri-putri saya tinggal di Rusia dan belajar di Rusia, saya bangga pada mereka," katanya. "Mereka berbicara dalam tiga bahasa asing dengan lancar. Saya tidak pernah mendiskusikan keluarga saya dengan siapa pun."

"Setiap orang punya hak menentukan nasibnya, mereka menjalani hidup mereka sendiri dan melakukannya dengan bermartabat," tambahnya.

Dia mungkin tidak ingin mengungkap nama mereka, tapi orang lain mengetahuinya. Dalam babak baru penjatuhan sanksi kepada Rusia, AS menarget Maria Vorontsova yang berusia 36 tahun dan Katerina Tikhonova, yang umurnya lebih muda setahun.

"Kami percaya banyak aset Putin disembunyikan oleh anggota keluarga, itu mengapa kami menyasar mereka," kata seorang pejabat AS.

Ketika tidak banyak informasi resmi mengenai kehidupan keluarga Presiden Putin, dokumen, laporan media, dan pernyataan publik sudah cukup memberikan gambaran tentang kedua putrinya tersebut.

Maria dan Katerina adalah anak Presiden Putin dari mantan istrinya Lyudmila. Pasangan ini menikah pada 1983 ketika Lyudmila berprofesi sebagai pramugari dan Putin seorang perwira intelijen KGB. Perkawinan mereka berlangsung selama 30 tahun dan turut mengiringi kemajuan karier Putin hingga ke puncak perpolitikan Rusia.