Logo BBC

PM Baru Pakistan Sharif Pernah Dijerat Pencucian Uang Rp1 Triliun

Shehbaz Sharif. Getty Images via BBC
Shehbaz Sharif. Getty Images via BBC
Sumber :
  • bbc

Sejarah politik Pakistan kembali berubah. Presiden Liga Muslim Pakistan (Nawaz) Shehbaz Sharif, terpilih sebagai perdana menteri baru, menyusul mosi tidak percaya terhadap Imran Khan.

Shehbaz Sharif adalah adik dari Nawaz Sharif, yang merupakan mantan perdana menteri Pakistan selama tiga periode.

Nawaz Sharif digulingkan untuk ketiga kalinya pada 2018 dan dilarang mengemban jabatan publik setelah dituduh korupsi usai pengungkapan keuangan di Panama Papers.

Shehbaz yang berusia lebih muda telah menjadi Pemimpin Oposisi di Majelis Nasional selama tiga tahun terakhir dan merupakan salah satu kritikus paling vokal terhadap Imran Khan.

Shehbaz Sharif pernah ditangkap pada September 2020 oleh badan anti-korupsi Pakistan, NAB, atas tuduhan pencucian uang sebesar US$76 juta (Rp1,09 triliun).

Investigasi NAB mendeteksi 28 akun palsu yang diduga milik keluarga Shehbaz, dan pencucian uang dengan nominal itu terjadi pada 2008 hingga 2018.

NAB juga memeriksa aliran dana dari 17.000 transaksi kredit yang disimpan di "rekening tersembunyi" dan diberikan kepada Shehbaz dalam kapasitas pribadinya.

Shehbaz yang kini berusia 70 tahun sebelumnya dikenal sebagai pemimpin di tingkat provinsi, namun ini merupakan kali pertama dia akan memimpin pemerintahan federal sebagai perdana menteri.

Dia pernah menjadi menteri utama Punjab - provinsi paling padat penduduk dan paling penting secara politik— selama total 13 tahun, yang terbagi dalam tiga periode.

Status hukumnya saat ini berada dalam jaminan. Selain pencucian uang, dia juga menghadapi tuduhan lain terkait pendapatannya.

Baca juga: