Selesai Dikunjungi Jokowi, Ini 7 Fakta Ukraina

Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Jokowi duduk bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunggah video pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lama setelah pertemuan mereka berakhir pada Rabu, 29 Juni 2022. Melalui akun Instagram resminya @zelenskiy_official, Presiden Ukraina itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan itu.

"Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dan hubungan diplomasi kita selama ini. Ini kunjungan pemimpin Asia pertama ke Kiev sejak perang skala besar diluncurkan Rusia," kata Zelensky

Nah, pada pembahasan kali ini, VIVA telah merangkum Fakta menarik mengenai negara Ukraina yang baru saja selesai dikunjungi Presiden Joko Widodo, mengutip beberapa sumber, berikut 7 fakta negara Ukraina

7 Fakta Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersalaman dengan Presiden Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersalaman dengan Presiden Jokowi

Photo :
  • IG Ari Dwipayana

1. Pendanaan militer dari Amerika Serikat

Seperti yang kita ketahui, Ukraina bukanlah negara yang bergabung sebagai anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO), akan tetapi meskipun negara ini tidak bergabung dalam organisasi tersebut, Ukraina menerima pendanaan militer dari Amerika Serikat.

2. Negara terbesar ke-2 di Eropa dan 46 di dunia

 Setelah Rusia, Ukraina merupakan negara terbesar kedua di Eropa, memiliki luas wilayah 603.628 km persegi, membuatnya sebagai negara terluas ke-46 di dunia.

Dengan Laut Hitam membentang di sepanjang perbatasan selatnya, luas Ukraina diperkirakan hampir tiga kali ukuran Inggris dan mengalahkan luas Prancis yang hanya 50.000 km persegi.

3. Negara dengan populasi terbanyak ke-32 di dunia

Negara pecahan Uni Soviet ini memiliki populasi kurang lebih 44,5 juta  jiwa yang menjadikannya sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.

4. Pusat cadangan pangan dunia

Ukraina telah sejak lama menjadi pusat cadangan pangan dunia karena lahan pertaniannya yang luas dan subur, dan Ukraina masih menjadi salah satu pengekspor terbesar biji-bijian di dunia

Bendera Ukraina berkibar di tengah Kota Kharkiv kota kedua terbesar di negara

Bendera Ukraina berkibar di tengah Kota Kharkiv kota kedua terbesar di negara

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka

5. Produsen biji bunga matahari terbesar

Ukraina memiliki lahan luas yang didedikasikan untuk perkebunan bunga matahari. Diperkirakan luas total lahan pertanian bunga matahari Ukraina dapat mencakup seluruh wilayah Slovenia yang seluas 20.271 km persegi.

6. Memiliki satu dari sungai terpanjang di Eropa

Sungai Dnieper yang berada di Ukraina merupakan sungai ke-4 terpanjang di Eropa, sungai ini melintasi Ukraina, Belarus dan Valdi Hills, Rusia. Sungai yang bermuara di Laut Hitam.

7. Negara berbentuk Republik

Ukraina adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang menganut sistem semi presidensial dengan trias politica: legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pusat negara dan kota terbesarnya adalah Kyiv.