Anggap Indonesia Negara Sahabat, Putin Siap Penuhi Kebutuhan Pupuk

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow
Sumber :
  • Kremlin.ru

VIVA –Rusia siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk produsen pertanian dari negara sahabat, kata Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Kamis 30 Juni 2022.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Melansir dari kantor berita Rusia TASS, keputusan Putin tersebut datang  seusai pembicaraan dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kremlin.

"Kami berbicara tentang isu-isu yang menarik untuk sementara waktu untuk seluruh dunia, semua negara. Maksud saya pasokan bahan makanan, barang pertanian lainnya, termasuk pupuk mineral ke pasar global," kata pemimpin Rusia itu.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin

Photo :
  • Kremlin.ru

“Kami siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk nitrogen, fosfat, pupuk kalium dan bahan baku untuk produksi mereka,” sambungnya.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Putin menekankan bahwa pihaknya tentu berniat untuk terus menjalankan dengan itikad baik komitmen kontrak mereka pada pasokan bahan makanan, pupuk, serta sumber daya energi dan barang-barang penting lainnya.

"Inilah mengapa sangat penting untuk memulihkan rantai pasokan yang terganggu oleh sanksi," tambah Putin.

Sebelumnya, Putin mengatakan kepada Jokowi bahwa pihaknya sama sekali tidak berniat untuk membuat kekhawatiran terhadap produksi pertanian. Sebaliknya, Putin justru menuduh negara-negara Barat yang mengacaukan produksi pertanian global dengan membatasi pasokan pupuk Rusia dan Belarusia.

"Negara-negara Barat makin mengacaukan produksi pertanian global dengan memberlakukan pembatasan pada pasokan pupuk Rusia dan Belarusia," ujar Putin saat berbincang dengan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya