Tahun Baru Islam, Kiswah Kabah Diganti Baru

Kiswah Kabah diganti saat Tahun Baru Islam
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Kiswah kain penutup Kabah diganti tepat pada malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah usai shalat Isya di Masjidil Haram, Mekah al Mukarramah, Arab Saudi, Jumat malam 29 Juli 2022.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Pekerja menaiki tangga hidrolik membuka satu per satu kain bertuliskan kaligrafi ayat Al Quran yang menghias kiswah di empat sisi Kabah. Sejumlah pekerja lainnya yang berseragam gamis putih dengan rompi hitam berada di atas Kabah untuk melepas kain sutera hitam yang menutup Kabah.

Sementara itu, ribuan jamaah memadati Masjidil Haram, menyaksikan momen langka saat penggantian kiswah sambil tawaf mengelilingi Kabah. Sebagian duduk di bagian pinggir area mataf atau area tawaf menyaksikan pelepasan kain kiswah.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Lebih dari sejam sejak usai shalat Isya sekitar pukul 20.31 Waktu Arab Saudi (WAS), pekerja berupaya melepas bagian-bagian kiswah.

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Biasanya, kiswah diganti setiap 9 Dzulhijjah saat jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Tahun ini untuk pertama kalinya penggantian kiswah dilakukan pada 1 Muharram atas perintah Raja Salman.

"Ini kali pertama penggantian dilakukan 1 Muharram, atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," kata Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi sebelumnya saat berkunjung ke tempat pembuatan kiswah.

Kiswah terbuat dari kain sutera berwarna hitam yang dihiasi kaligrafi dan Asmaul Husna yang disulam benang emas dan perak.

Pembuatan kiswah menghabiskan sebanyak 760 kg sutera dan 120 kg emas dan 100 kg perak dengan biaya sebesar 25 juta Riyal Saudi atau setara Rp100 miliar yang dibuat selama 8-10 bulan oleh 220 teknisi dan seniman tenun.

Kiswah penutup Ka'bah berukuran 6,3 meter kali 3,3 meter. Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat Al Quran dan Asmaul Husna, dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya