Putin dan Penguasa Saudi MBS Tambah Dekat Bikin Barat Waswas

Vladimir Putin dan Pangeran Saudi MBS saat bertemu di G20 Osaka, Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin dan penguasa de facto Arab Saudi Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) dinilai memiliki banyak kesamaan.

AS Ketar-ketir Sama Rusia

Hampir delapan bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina, hubungan antara Riyadh dan Moskow pun bahkan berada pada titik tertinggi artinya lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Ketika sebagian besar Eropa, Amerika Serikat (AS) dan Inggris menggandakan upaya untuk memerangi pemimpin Rusia yang semakin mengancam, Pangeran MBS malah memilih untuk mempererat hubungannya dengan Putin.

PLTN Akan Dibangun di Bulan

Presiden Vladimir Putin saat menerima para dubes baru yang ditempatkan di Rusia

Photo :
  • Pavel Bednyakov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP

Pertemuan OPEC+ di Wina, Austria pada hari Rabu, 5 Oktober 2022 merupakan tonggak terbaru dalam hubungan yang berkembang, yang semakin menentang tuntutan sekutu Riyadh dan memberikan kenyamanan bagi Putin pada saat kritis dalam perang.

Pentagon Panas, Rusia Luncurkan Senjata Luar Angkasa di Jalur Satelit Amerika

Kedua negara kemungkinan akan berusaha menaikkan harga minyak dengan memotong pasokan global sebesar 1-2 juta barel per hari.

Langkah seperti itu akan mengikuti gangguan luas pasokan gas ke Eropa yang disebabkan oleh perang dan prediksi krisis keamanan energi yang memburuk saat musim dingin utara mendekat.

Hal itu juga akan mengasingkan Washington, sekutu yang telah mencoba merekrut Riyadh untuk menurunkan tekanan pasokan dengan membuka katup ke reservoirnya yang sangat besar.

“Pemerintahan Saudi sebelumnya akan jauh lebih sensitif terhadap perasaan dan pesan AS, meskipun mereka kemungkinan akan melakukan hal yang sama,” kata Robin Mills, kepala eksekutif Qamar Energy, dikutip dari The Guardian, Kamis, 6 Oktober 2022.

“Saudi hampir selalu melakukan apa yang diinginkannya dalam minyak terlepas dari bantuan ke AS tetapi tidak kali ini.”

Pangeran Mohammad bin Salman.

Photo :
  • SAUDI KINGDOM COUNCIL

Tanda lain dari ikatan yang semakin dalam antara Moskow dan Riyadh muncul pada bulan lalu ketika momen langka diplomasi global, diplomat Saudi mengamankan pembebasan tahanan internasional, termasuk lima warga Inggris, yang ditangkap selama pertempuran di Ukraina.

Optiknya mencolok, dan tampaknya disetujui oleh Putin untuk memberi Riyadh momen di panggung dunia, di mana ada diplomat Saudi yang menengahi kesepakatan dan tidak ada hubungannya dengan Timur Tengah.

“Ini adalah hadiah dari Putin untuk MBS,” kata seorang pejabat Inggris yang akrab dengan dinamika politik.  

“Putin ingin itu terjadi, dan dia ingin seolah-olah Saudi telah mencapai ini melalui diplomasi.”

Setelah empat tahun kejatuhan global dari pembunuhan pembangkang Saudi dan jurnalis Jamal Khashoggi oleh pembantu keamanan Pangeran Mohammed di Istanbul, pewaris takhta Saudi berada di tengah-tengah kebangkitan global.

Upayanya untuk memposisikan kerajaan sebagai kekuatan regional dan penggerak global adalah salah satu tujuan inti pria berusia 37 tahun itu.

Pejabat Saudi tidak mengutuk invasi Putin, dan Moskow juga tidak mempertimbangkan invasi Arab Saudi ke Yaman selama lima tahun terakhir, perang yang telah membuat tetangganya miskin dan membutuhkan bantuan yang signifikan.

Kedua pria itu semakin dipersatukan dalam beberapa bulan terakhir karena ketidaksukaan mereka terhadap Biden, yang pemerintahannya telah mendorong untuk mempersenjatai militer Ukraina dan memaksa tentara Rusia melakukan serangkaian kemunduran yang memalukan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya