Duh! China Konfirmasi Kematian Pertama di Dunia karena Kasus Flu Burung H3N8

Ilustrasi flu burung lewat unggas
Sumber :
  • Times of India

VIVA Dunia – Seorang wanita berusia 56 tahun di China selatan telah meninggal dunia setelah dinyatakan positif flu burung H3N8, menandai kematian manusia pertama akibat jenis flu burung itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Sementara H3N8 adalah "salah satu subtipe flu yang paling sering ditemukan" pada burung, itu belum terdeteksi pada manusia sebelum dua kasus muncul pada bulan April dan Mei tahun lalu, yang mana keduanya terjadi di China.

Dalam sebuah pernyataan, WHO mengatakan wanita itu, yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya termasuk kanker, dan telah dirawat di rumah sakit karena pneumonia parah setelah jatuh sakit pada Februari. Dia meninggal bulan lalu.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Ilustrasi flu burung.

Photo :
  • Antara FOTO.

“Kasus ini terdeteksi melalui sistem surveilans infeksi saluran pernapasan akut (SARI) yang parah. Tidak ada kontak dekat dari kasus tersebut yang mengembangkan infeksi atau gejala penyakit pada saat pelaporan,” kata WHO dalam pernyataan, melansir Al Jazeera. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Ketiga orang yang tertular H3N8 di China diperkirakan telah terpapar virus tersebut di pasar unggas hidup. Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pemerintah China telah meningkatkan pemantauan terhadap jenis tersebut dan risiko infeksi lebih rendah.

“Namun, karena sifat virus influenza yang terus berkembang, WHO terus menekankan pentingnya pengawasan global untuk mendeteksi perubahan virologi, epidemiologi dan klinis yang terkait dengan virus influenza yang beredar yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia (atau hewan),” katanya.

Infeksi H3N8 tidak terkait dengan pandemi flu burung H5N1, yang telah memusnahkan unggas dan burung liar di seluruh dunia dalam 18 bulan terakhir dan telah menyebar ke mamalia termasuk rubah, beruang, dan kucing peliharaan.

Untuk menginfeksi manusia, virus H5N1 harus menempel pada reseptor di paru-paru, di mana virus tidak memiliki kemampuan untuk mengikat dengan mudah, William Schaffner, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular Universitas Vanderbilt, mengatakan kepada Al Jazeera pada bulan Februari.

Tenaga kesehatan di China memeriksa unggas untuk mencegah penyebaran flu burung.

Photo :
  • Foto Arsip/Antara Foto

Adaptasi paksa untuk bereplikasi di paru-paru adalah mengapa hanya pekerja unggas, yang menghirup debu feses yang terkontaminasi, yang biasanya terinfeksi, tambah Schaffner.

Virus H3N8 kurang berbahaya bagi burung liar dan unggas peliharaan dibandingkan H5N1, dan diketahui telah beredar sejak tahun 2002 setelah pertama kali muncul di unggas air Amerika Utara.

Ia juga diketahui menginfeksi kuda, anjing, dan anjing laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya