Disematkan Mahkota St Edward, Raja Charles III Resmi Dinobatkan sebagai Raja Inggris

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

VIVA Dunia – Raja Charles III resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II yang berpulang pada 8 September 2022 lalu. 

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

Penobatan Raja Charles III ditandai dengan penyematan Mahkota St. Edward yang berhiaskan berlian dalam sebuah upacara tradisi kerajaaan di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Dilansir AP, terompet terdengar di dalam biara abad pertengahan dan jemaah berteriak "Tuhan selamatkan raja!" pada kebaktian yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 tamu, termasuk para pemimpin dunia, bangsawan, dan selebritas. 

Penampilan Publik Raja Charles Usai Divonis Kanker, Kembali Jalani Tugas Kerajaan

Di luar, ribuan tentara, puluhan ribu penonton, dan segelintir pengunjuk rasa berkumpul.

Itu adalah puncak dari perjalanan tujuh dekade bagi Charles sebagai pewaris tahta untuk menjadi raja.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Bagi keluarga kerajaan dan pemerintah, acara tersebut — dengan nama kode Operation Golden Orb — adalah pameran warisan, tradisi, dan tontonan yang tak tertandingi di seluruh dunia.

Ritus itu diharapkan akan disaksikan oleh jutaan orang, meskipun kekaguman dan penghormatan yang dirancang untuk membangkitkan upacara itu sebagian besar telah hilang - dan banyak yang menyambut hari itu dengan mengangkat bahu.

Di luar kemeriahan penobatan Raja Charles III, pengunjuk rasa berkumpul di luar untuk meneriakkan "Bukan rajaku" untuk perayaan sebuah institusi yang mereka sebut berdiri untuk hak istimewa dan ketidaksetaraan, di negara dengan kemiskinan yang semakin dalam dan ikatan sosial yang rusak. 

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth, Pool

Meskipun demikian, ribuan orang dari seluruh Inggris Raya dan seluruh dunia rela berkemah semalaman di sepanjang rute 1,3 mil (2 kilometer) yang dilalui raja dan istrinya, Camilla, untuk mencapai biara dengan kereta kuda berlapis emas. 

Gereja berdengung dengan kegembiraan dan dipenuhi dengan bunga-bunga harum dan topi warna-warni saat jemaah para pejabat dan bangsawan internasional tiba. 

Di antara mereka adalah Ibu Negara AS Jill Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, delapan mantan perdana menteri Inggris dan selebriti termasuk Judi Dench, Emma Thompson dan Lionel Richie.

Tradisi Penobatan Raja

Pada kebaktian Anglikan tradisional yang sedikit diubah untuk zaman modern, Charles, yang mengenakan jubah merah tua dan krem, bersumpah di atas Alkitab bahwa dia adalah seorang "Protestan sejati".

Kata pengantarnya ditambahkan ke sumpah penobatan untuk mengatakan Gereja Inggris "Akan berusaha untuk memelihara lingkungan di mana orang-orang dari semua agama dan keyakinan dapat hidup bebas," dan surat dari King James Bible dibacakan oleh Perdana Menteri Rishi Sunak, Pemimpin Hindu pertama Inggris.

Sebuah paduan suara Injil membawakan “Haleluya” yang baru digubah, dan, untuk pertama kalinya, pendeta wanita mengambil bagian dalam upacara tersebut. Itu juga yang pertama memasukkan perwakilan dari agama Buddha, Hindu, Yahudi, Muslim, dan Sikh.

Dalam pertunjukan kuno kekuasaan raja, Charles diurapi dengan minyak dari Bukit Zaitun di Tanah Suci dan dipersembahkan dengan sebuah bola, pedang, dan tongkat kerajaan, sebelum Uskup Agung Canterbury Justin Welby menempatkan mahkota emas padat yang dihiasi lebih dari 400 batu mulia di kepala raja. 

Saat terompet dibunyikan, salam senjata ditembakkan ke seluruh Inggris.

Selama 1.000 tahun lebih, raja Inggris telah dimahkotai dalam upacara megah yang menegaskan hak mereka untuk memerintah. Charles adalah penguasa ke-40 yang dimahkotai di biara pada usia 74 tahun. Dia adalah raja tertua yang diberi mahkota.

Namun demikian, hari-hari ini, raja tidak lagi memiliki kekuasaan eksekutif atau politik, dan layanan itu murni seremonial sejak Charles secara otomatis menjadi raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada bulan September.

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • Yui Mok, Pool via AP

Raja tetap menjadi kepala negara Inggris dan simbol identitas nasional — dan Charles harus bekerja untuk menyatukan negara multikultural dan menopang dukungan untuk monarki pada saat monarki memudar, terutama di kalangan orang muda.

Di lingkungan keluarga kerajaan, pewaris takhta Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton beserta ketiga anaknya semuanya hadir. Adik laki-laki William, Pangeran Harry, yang secara terbuka berdebat dengan keluarga, juga hadir tapi sendirian. Istrinya Meghan dan anak-anak mereka tetap tinggal di rumah di California.

Menjelang akhir upacara, William berlutut di depan ayahnya dan berjanji setia kepada raja - sebelum mencium pipinya.

Kemudian Welby mengundang semua orang di biara untuk bersumpah "setia sejati" kepada raja.

Dia mengundang orang-orang yang menonton di televisi untuk memberi penghormatan juga kepada Raja Charles III yang baru dinobatkan.

Penobatan Raja Charles III sangat berbeda ketika publik menyaksikan penobatan ibunya, Ratu Elizabeth di tahun 1950-an. Hampir 20 persen populasi sekarang berasal dari kelompok etnis minoritas, dibandingkan tahun 1950-an. Lebih dari 300 bahasa digunakan di sekolah-sekolah di Inggris, dan kurang dari setengah populasi menggambarkan diri mereka sebagai orang Kristen.

Namun tetap saja, orang-orang datang dari seluruh dunia, dan dari seluruh Inggris, untuk menjadi bagian dari acara tersebut.

"Itu hanya untuk dikelilingi oleh cinta dan melihat Raja Charles kita. Dia andalan kami," kata Jill Coughlin, penggemar kerajaan dari Essex, sebelah timur London. "Kami mencintai ratu kami dan ini hanya generasi selanjutnya. Jadi itu luar biasa bagi kami, benar-benar luar biasa," 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya