Alasan Saudara Laki-laki Mendiang Putri Diana Tak Hadiri Penobatan Raja Caharles III

Putri Diana
Sumber :
  • Times of India

VIVA Dunia – Saudara laki-laki mendiang Putri Diana, Charles Spencer, tampak absen dari penobatan Raja Charles III pada Sabtu, 6 Mei 2023. Pada awal tahun ini, paman Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut memang sudah mengisyaratkan bahwa dirinya tidak berencana untuk menghadiri perayaan tersebut.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

“Saya pikir kami tidak pernah memiliki peran resmi di dalamnya, hanya muncul seperti orang lain dulu, ketika itu adalah rekan turun temurun dan House of Lords. Itu bukan lagi masalahnya,” kata Spencer pada bulan Februari lalu yang dikutip dari US Magazine pada Senin, 8 Mei 2023. 

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Charles Spencer, yang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022 menambahkan bahwa dia tidak menganggap "seluruh hal kerajaan" sebagai "menarik seperti kebanyakan orang".

“Saya hanya melanjutkan hidup saya,” jelasnya. “Saya menjaga apa yang harus saya jaga di perkebunan, dan saya memiliki karier, menulis buku, dan semacamnya. … Orang-orang jelas berasumsi bahwa saya sangat peduli dengan sisi itu, tetapi itu hanya bagian samping dari hidup saya.”

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Saat penobatan raja, sebagian masyarakat tentu tak akan melupakan sosok Putri Diana yang seharusnya menjadi ratu. Namun, mendiang sang putri memang rupanya tak pernah berpikir bahwa dirinya akan menjadi ratu. Hal itu diungkapkannya saat melakukan wawancara dengan BBC Panorama bersama jurnalis Martin Bashir pada November tahun 1995. 

Sebagai informasi, raja menikahi Camilla pada 2005, hampir satu dekade setelah Charles dan Diana bercerai (setelah tuduhan mereka berselingkuh). Ia dan Diana berpisah pada tahun 1992, dan mendiang putri meninggal pada tahun 1997. 

Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris untuk menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II yang telah meninggal dunia pada 8 September 2022 lalu setelah bertahta selama 70 tahun. 

Penobatan sang raja dilakukan dengan penyematan Mahkota St. Edward dalam upacara tradisi kerajaan di Westminster Abbey. Sementara sang istri, Camilla juga ikut naik tahta dan menjadi Ratu Inggris mendampingi Raja Charles III.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya