Alasan Ini Jadi Penyebab Suriah Diiizinkan Kembali Masuk ke Liga Arab

Presiden Suriah dan Presiden Iran
Sumber :
  • The Times of Israel

VIVA Dunia – Negara anggota Liga Arab telah sepakat untuk merangkul kembali Suriah sebagai anggota setelah melakukan pemungutan suara di Kairo, Mesir, pada Minggu, 7 Mei 2023 lalu.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Keanggotaan Damaskus di organisasi tersebut diketahui telah ditangguhkan sejak Suriah menghadapi konflik sipil pada 2011.

VIVA Militer: Presiden Suriah, Bashar al-Assad

Photo :
  • Middle East Eye
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Penerimaan kembali Suriah sebagai anggota Liga Arab mengikuti prakarsa Yordania. Amman menyusun peta jalan untuk mengakhiri konflik sipil Suriah, mencakup penanganan masalah pengungsi, tahanan yang hilang, penyelundupan narkoba, dan milisi Iran di Suriah.

Yordania adalah tujuan serta rute transit utama captagon, yakni produk amfetamin yang sangat adiktif yang diproduksi di Suriah dan didistribusikan ke berbagai negara di kawasan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Yordania telah mengisyaratkan dapat mengambil tindakan sepihak untuk mengekang perdagangan captagon yang ditaksir bernilai miliaran dolar AS tersebut.

Seorang pejabat Yordania mengatakan Suriah perlu menunjukkan keseriusan dalam mencapai solusi politik. Sebab hal itu akan menjadi prasyarat untuk melobi pencabutan sanksi Barat. Penghapusan sanksi merupakan langkah penting untuk mendanai rekonstruksi di Suriah.

Dalam keputusan Ahad lalu disebutkan bahwa Yordania, Arab Saudi, Irak, Lebanon, Mesir, dan Sekjen Liga Arab akan membentuk kelompok menteri.

Mereka bakal menjalin kontak dengan Pemerintah Suriah dan mencari solusi atas krisis Suriah lewat langkah-langkah timbal balik. Langkah-langkah praktis termasuk upaya berkelanjutan untuk memfasilitasi pengiriman bantuan di Suriah.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pertemuan Liga Arab di Kairo, Mesir

Photo :
  • REUTER/Mohammed Salem

Ketika konflik di Suriah pecah pada 2011, Liga Arab memutuskan mendepak Damaskus sebagai anggota.

Liga Arab mengecam Assad karena gagal bernegosiasi dengan pihak oposisi dan menggunakan kekuatan militer berlebihan untuk membungkam mereka. Sejak saat itu, Suriah dikucilkan oleh dunia Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya