Warga Korea Utara Diharuskan Panggil Kim Jong Un dengan Sebutan Ayah

Kim Jong Un.
Sumber :
  • Times of india

VIVA Dunia – Kaum muda di Korea Utara sekarang diharuskan untuk memanggil pemimpin tertinggi negara itu, Kim Jong Un yang kini berusia 38 tahun sebagai "Ayah yang Terhormat", menurut laporan Radio Free Asia

Kasus Mayat Bayi Dibuang Sang Ayah di Tanah Abang, Polisi: Hasil Aborsi Digugurkan di Hotel

Hal ini menimbulkan kebencian di antara kaum muda yang menganggapnya seumuran, dan tidak layak mendapat kehormatan seperti itu. 

Pemujaan seperti itu juga dianggap "tidak tahu apa-apa", mengingat kelaparan yang meluas yang dihadapi banyak orang, kata mereka.

Anang Dihujat Lantaran Tanya Kapan Ghea Nikah, Aurel: Kalau Gak Suka, Gak Usah Nonton

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • aljazeera.com

Kim Jong Un tampaknya berusaha mengabadikan kultus kepribadian ayahnya, Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung, yang keduanya dipanggil dengan gelar itu, tetapi di usia yang lebih tua

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Keputusan itu terbukti dalam materi pendidikan baru yang didistribusikan ke organisasi pemuda yang harus dihadiri oleh warga berusia 35 tahun ke bawah, kata warga kepada Radio Free Asia.

“Sampai sekarang, pihak berwenang telah mengatakan (di media) bahwa hati orang-orang mengagumi dan mematuhi sekretaris jenderal, seperti mereka harus mengikuti dan mematuhi ayah mereka sendiri,” kata seorang penduduk provinsi timur laut Hamgyong Utara kepada layanan Korea RFA dengan syarat anonimitas untuk alasan keamanan.

“Sesuai kuliah pendidikan bulan ini, anak muda usia 14-35 tahun sekarang harus memanggil Kim Jong Un bapaknya, padahal usianya diperkirakan 38 tahun,” ujarnya. 

“Meskipun Kim Jong Un seumuran dengan beberapa dari mereka, mereka harus memanggilnya ayah, dan itu memiliki arti politis," lanjutnya. 

Banyak orang yang masih menganggapnya muda dan kurang berpengalaman dibanding dua pemimpin sebelumnya, sehingga gelar baru tersebut terkesan tidak pantas bahkan sebagai pemujaan, kata sumber tersebut.

Pendiri Korea Utara, Kim Il Sung mulai menggunakan gelar tersebut 1967, ketika dia berusia 55 tahun. Pada tahun 1992, warga Korea Utara termuda mulai memanggilnya "Kakek".

Setelah kematiannya, putranya Kim Jong Il, mengambil gelar "Ayah yang Terhormat" pada usia 53 tahun, yang digunakan sampai kematiannya pada tahun 2011.

Langkah tersebut juga membuat marah orang karena tampaknya seperti langkah tidak bijaksana di tengah kelaparan yang meluas di seluruh negeri, kata seorang penduduk di provinsi utara Ryanggang kepada RFA tanpa menyebut nama untuk berbicara dengan bebas.

“Media memuji dia sebagai pemimpin yang luar biasa dan canggih, ‘seorang patriot yang tak kenal takut yang menyebarkan martabat dan kekuatan (negara kita) ke dunia,’ dan sekarang kita memanggilnya Ayah,” katanya. "Kebencian di kalangan anak muda meningkat."

Patung Kim Jong Il di Korea Utara

Photo :
  • Al Jazeera

Panggilan baru Kim mungkin merupakan bagian dari upaya propaganda yang lebih luas yang mencakup lebih banyak visibilitas publik dari penguasa dan keluarganya, kata sumber itu.

Sejak Oktober, Kim telah muncul di depan umum dengan putrinya Kim Ju Ae dalam apa yang diyakini beberapa ahli sebagai upaya untuk melunakkan citranya dan mungkin mempersiapkan masyarakat untuk calon pemimpin wanita menjadi generasi keempat dari dinasti Kim.

“Tampaknya, itu adalah pekerjaan persiapan untuk menjadikan dirinya bapak rakyat,” kata warga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya