Brasil Umumkan 180 Hari Keadaan Darurat Kesehatan Hewan Karena Flu Burung

Ilustrasi flu burung.
Sumber :
  • Antara FOTO.

VIVA Dunia –  Brasil telah mengumumkan keadaan darurat kesehatan hewan selama 180 hari sebagai tanggapan atas deteksi pertama virus flu burung H5N1 yang sangat patogen pada unggas liar.

Untuk Pertama Kali, Bintang Muda Manchester United Ini Dipanggil Timnas Inggris

Brasil, yang mana adalah pengekspor daging ayam terbesar di dunia dengan penjualan US$9,7 miliar pada tahun 2022, sejauh ini telah mengonfirmasi delapan kasus H5N1 pada unggas liar, termasuk tujuh di negara bagian Espirito Santo dan satu di negara bagian Rio de Janeiro.

Dilansir dari The Guardian, Selasa, 23 Mei 2023, Kementerian Pertanian Brasil mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah membentuk pusat operasi darurat untuk mengoordinasikan, merencanakan dan mengevaluasi “aksi nasional terkait flu burung.”

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Ilustrasi flu burung lewat unggas

Photo :
  • Times of India

Infeksi H5N1 pada burung liar tidak memicu larangan perdagangan, berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Hewan Dunia. Namun, kasus flu burung di peternakan biasanya mengakibatkan seluruh kawanan mati dan dapat memicu pembatasan perdagangan dari negara pengimpor.

Polisi Tangkap 4 Pelaku Pemerkosa Massal dan Perampokan Turis Spanyol di India

Meskipun negara bagian penghasil daging utama Brasil berada di selatan, pemerintah waspada setelah kasus yang dikonfirmasi, karena flu burung pada burung liar telah diikuti oleh penularan ke ternak komersial di beberapa negara.

Saham BRF SA yang berbasis di Brasil, eksportir ayam terbesar dunia, naik 3,6% sebelum pengumuman pemerintah, tetapi di akhir hari sempat turun dengan 0,5% lebih rendah.

Selama akhir pekan, kementerian kesehatan mengatakan sampel dari 33 kasus dugaan flu burung pada manusia di Espirito Santo, di mana Brasil mengkonfirmasi kasus pertama pada burung liar minggu lalu, semuanya kembali negatif.

Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza tipe A yang ditularkan oleh unggas ke manusia. Gejala flu burung umumnya baru muncul setelah 2–5 hari terpapar virus ini. Gejala yang timbul pada tiap penderita juga dapat berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga parah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya