Ukraina Usulkan Zona Demiliterisasi Pascaperang Dalam Wilayah Rusia

VIVA Militer: Serangan drone militer Rusia di Kiev, Ukraina
Sumber :
  • war.ukraine.ua

VIVA Dunia – Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, menyatakan, pada Senin 29 Mei 2023, bahwa zona demiliterisasi sejauh 100-120 km harus dibuat di dalam wilayah Rusia di sepanjang perbatasan dengan Ukraina sebagai bagian dari penyelesaian pascaperang.

Zona itu diperlukan untuk melindungi daerah Ukraina dari serangan Rusia, tulis Podolyak di Twitter.

"Tema kunci dari penyelesaian pascaperang seharusnya adalah membuat pengamanan untuk menghindari kemunculan kembali agresi di masa depan," tulisnya.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina di wilayah Kharkiv

Photo :
  • foxnews.com

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Dia menyatakan itu setelah gubernur daerah Belgorod di Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, menyerukan untuk pencaplokan daerah Kharkiv di Ukraina sebagai upaya menghentikan pengeboman lintas batas negara.
AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza
Moskow mengatakan Ukraina telah meningkatkan serangan drone (pesawat nirawak), dan melakukan serangan sabotase melawan sasaran di dalam wilayah Rusia, serta mempersiapkan diri melakukan serangan balasan.

Kiev membantah telah menyerang sasaran di dalam Rusia, dengan menyatakan bahwa perjuangannya adalah perang bertahan yang dilakukan di dalam wilayahnya sendiri.

Podolyak menulis bahwa untuk memastikan keamanan penduduk di beberapa daerah garis depan Ukraina, perlu untuk membuat sebuah zona demiliterisasi 100-120 kilometer di wilayah yang mencakup "republik" Belgorod, Bryansk, Kurks, dan Rostov.


Penggunaan kata republik yang digunakan untuk sejumlah daerah di Rusia tersebut tampaknya merujuk kepada kelompok separatis dukungan Moskow yang menamakan mereka sendiri sebagai "republik rakyat" di daerah Donetks dan Luhanks di Ukraina, yang berbatasan dengan Rusia.

Podolyak menyebut zona demiliterisasi itu awalnya dapat diisi oleh kehadiran pasukan internasional untuk mengontrolnya. "Kemungkinan, pada tahap awal dengan kehadiran wajib kontingen kontrol internasional," tulisnya. (Ant/Antara)

VIVA Militer: Kepulan asap di wilayah Israel usai serangan rudal Iran

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

rabu Jayabaya (1135-1159) dikenal atas karyanya yang terkenal sebagai Ramalan Jayabaya. Ramalan tersebut terdokumentasikan dalam beberapa naskah seperti Serat Jayabaya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024