Iran Resmi Buka Kedutaan di Arab Saudi, Setelah 7 Tahun Hubungan Renggang

VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran
Sumber :
  • Edarabia

RiyadhIran resmi membuka kembali kedutaannya di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada 6-7 Juni 2023. Pembukaan Kedutaan Iran terjadi setelah beberapa kedua rival regional itu memulihkan hubungan diplomatik yang terputus tujuh tahun lalu. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pengumuman itu dibuat, pada Senin, 5 Juni 2023, oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani, tiga hari setelah menteri luar negeri Iran dan Arab Saudi bertemu di sela-sela KTT BRICS di Afrika Selatan. 

Kanaani mengatakan kedutaan dan konsulat serta kantor perwakilan Iran di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan melanjutkan operasi mereka sejalan dengan kesepakatan yang dicapai antara kedua belah pihak. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Para

Photo :
  • 1475109

"Kedutaan dan konsulat sudah aktif dalam memfasilitasi prosedur bagi jemaah haji Iran dan sekarang misi diplomatik akan dibuka kembali secara resmi di hadapan pejabat kedua negara," ujarnya, dikutip dari Middle East Monitor, Rabu, 7 Juni 2023. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, pada Maret, Iran dan Arab Saudi sepakat untuk menjalin hubungan diplomatik, dalam kesepakatan yang ditengahi China, yang merupakan terobosan besar di kawasan. 

Kemudian, pada 12 April, delegasi Iran tiba di Riyadh sebagai bagian dari rencana untuk membuka kembali kedutaan dan misi diplomatik Teheran di Kerajaan. Setelah kunjungan itu, delegasi Saudi tiba di Teheran untuk membahas pembukaan kembali kedutaan dan konsulat kerajaan. 

Arab Saudi diketahui memutuskan hubungan dengan Iran pada 2016 setelah pengunjuk rasa menyerbu pos diplomatik Saudi di Teheran dan kota timur laut Masyhad, selama demonstrasi yang dipicu oleh eksekusi seorang ulama Syiah terkemuka dan 46 lainnya di Kerajaan kaya minyak itu.

https://www.middleeastmonitor.com/20230606-iran-to-reopen-embassy-in-saudi-arabia-today/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya