Militer Negara Adidaya Ini Sebut Bahaya Teknologi Kecerdasan Buatan

Teknologi kecerdasan buatan meniru cara kerja otak manusia. Gambar dari © arthead – stock.adobe.com
Sumber :
  • vstory

London, Inggris – Kolonel Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengungkapkan hipotesis mengenai bahwa teknologi kecerdasan buatan akan memiliki pikirannya sendiri dan berbalik melakukan hal-hal yang membahayakan pengguna perangkat lunak tersebut.

840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

Dilansir dari Business Insider, Kamis, 8 Juni 2023, pernyataan itu dikatakan oleh Kolonel Tucker “Cinco” Hamilton, kepala Uji dan Operasi Kecerdasan Buatan Angkatan Udara AS dalam sebuah konferensi di London.

Artificial

Photo :
  • 642070
Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Menurutnya, berdasarkan sebuah simulasi, teknologi kecerdasan buatan dapat berperilaku dengan cara yang tidak diprediksi dan berbahaya.

“Strategi yang sangat tidak terduga untuk mencapai tujuannya muncul setelah drone itu ditugaskan untuk menghancurkan sistem pertahanan udara musuh,” ujar Hamilton yang menjelaskan

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Namun, Hamilton menarik kembali pernyataannya tersebut dan meminta maaf kepada publik karena telah menyebarkan informasi yang tidak akurat.

“Meskipun ini merupakan contoh hipotetis, ini menggambarkan tantangan dunia nyata yang ditimbulkan oleh kemampuan bertenaga kecerdasan buatan,” kata Hamilton.

Juru bicara Angkatan Udara Ann Stefanek membantah bahwa ada simulasi seperti yang dijelaskan oleh Hamilton. Hingga kini, pihak militer selalu melakukan simulasi dengan hasil yang tidak membahayakan.

“Departemen Angkatan Udara belum melakukan simulasi kecerdasan buatan semacam itu dan tetap berkomitmen pada penggunaan teknologi yang etis dan bertanggung jawab.Tampaknya komentar sang kolonel diambil di luar konteks dan dimaksudkan sebagai anekdot,” kata Stefanek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya