Deretan Fakta Belanda yang Baru Saja Akui Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Kunjungan PM Kerajaan Belanda Mark Rutte ke Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Den Haag – Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia jatuh pada 17 Agustus 1945. Hal ini disampaikan Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte, dalam sela-sela debat penyelidikan Perang Kemerdekaan Indonesia, Rabu waktu setempat.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

"Kami melihat proklamasi itu sebagai fakta sejarah," kata Rutte, mengutip media Belanda NU, Kamis, 15 Juni 2023.

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

Photo :
  • NL Times
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Nah, berikut deretan fakta mengenai Belanda  yang baru saja akui Kemerdekaan Rerpublik Indonesia 17 Agustus 1945 yang VIVA lansir dari berbagai sumber:

Sebelumnya Mengakui Kemerdekaan Indonesia tahun 1949

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Pemerintah Belanda mengakui bahwa Indonesia "de facto" merdeka pada tahun 1945. Tetapi secara resmi menggunakan tahun 1949. Ini merujuk pada tanggal 27 Desember 1949, di mana Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia. Hal itu terjadi setelah desakan kuat dari Amerika Serikat dan PBB.

Hal ini juga dimuat Paudal. Pada hari itu, 17 Agustus 1945, pemerintah Indonesia mengeluarkan Declaration of Independence (proklamasi) berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desakan Salah Satu Partai di belanda

Atas desakan Partai Hijau, GroenLinks, Rutte disebut akan berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Ini terkait bagaimana merayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Belanda selalu mengingat 17 Agustus 1945," kata Rutte lagi.

"Misalnya, raja mengirimkan ucapan selamat ke Indonesia setiap tahun melalui telegram," ungkapnya.

DPR Belanda Memperdebatkan Kemerdekaan Indonesia

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong.

Sebelumnya DPR Belanda memperdebatkan perang kemerdekaan RI dari tahun 1945 hingga 1949. Kajian ekstensif berjudul Over de Grens diterbitkan pada Februari 2023 lalu.

Laporan tebal hampir 600 halaman menggambarkan dengan sangat rinci kekerasan yang mengerikan, dan hampir tak terlukiskan pada periode itu. Laporan itu juga membahas berbagai hal dari kedua sisi.

Kesimpulan politik terpenting adalah bahwa tidak ada kekerasan insidental di pihak Belanda, seperti yang telah dikatakan selama beberapa dekade. Para peneliti berbicara tentang "kekerasan ekstrem" dalam "skala besar" oleh angkatan bersenjata Belanda yang sengaja dikerahkan.

Pada tahun 2011, kabinet Belanda juga meminta maaf kepada penduduk Indonesia atas penjajahan dan periode kekerasan yang ekstrim. Perang melawan penjajahan Belanda selama periode 1940 hingga 1945 menelan korban sekitar 5.300 orang Belanda dan kemungkinan besar sekitar 100.000 orang Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya