Krisis Politik Berkepanjangan, Lebanon Gagal Pilih Presiden Baru untuk ke-12 Kalinya

Parlemen Lebanon.
Sumber :
  • ANTARA/Xinhua.

Beirut – Parlemen Lebanon, pada Rabu 14 Juni 2023, gagal memilih presiden baru untuk negara republik itu dalam sidang ke-12 mereka, dan karenanya hal itu menyebabkan Lebanon semakin terjerumus ke dalam ketidakpastian politik.

Dalam pemilihan presiden tersebut, perolehan suara Sleiman Frangieh, pemimpin Gerakan Marada yang didukung oleh dua partai Syiah Hizbullah dan Gerakan Amal, tertinggal dari pesaing utamanya Jihad Azour, mantan menteri keuangan yang didukung oleh dua partai Kristen terbesar di negara itu, yakni Gerakan Patriotik Bebas (Free Patriotic Movement) dan Pasukan Lebanon (Lebanese Forces).

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Parlemen Lebanon menggelar pemungutan suara dalam persidangan ke-12 untuk memilih presiden Lebanon yang baru.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua.


Frangieh memperoleh 51 suara, sementara Azour 59 suara. Tak satu pun dari mereka mengantongi mayoritas dua pertiga suara atau total 86 suara dalam putaran pertama pemungutan suara, sedangkan putaran kedua tidak dilaksanakan akibat tidak tercapainya kuorum.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Lebanon dilanda krisis keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Negara tersebut sangat perlu memilih presiden serta membentuk kabinet baru untuk mengimplementasikan reformasi yang diperlukan dan menempatkan negara itu pada jalur pemulihan. (Ant/Antara)

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin
Serangan Setelah Rudal Hizbullah Hantam Rumah Pemukim Israel (Doc: ANews)

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Hizbullah mengatakan pada hari Minggu, 28 April 2024, bahwa mereka menyerang pemukiman Israel di wilayah perbatasan dengan puluhan rudal.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024