Presiden Palestina Dukung Kebijakan China Soal Muslim Uighur

Presiden Palestina Abbas dengan Presiden China Xi Jinping
Sumber :
  • Reuters

Beijing – Selama kunjungannya minggu ini ke China, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyuarakan dukungan untuk kebijakan China di wilayah paling barat Xinjiang, di mana PBB telah menemukan pola penyiksaan dan perlakuan buruk terhadap sebagian besar Muslim Uighur yang tinggal di sana. 

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Pernyataan bersama yang dikeluarkan tak lama setelah Abbas bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada hari Rabu menyatakan bahwa "masalah terkait Xinjiang sama sekali bukan masalah hak asasi manusia, tetapi terorisme anti-kekerasan, deradikalisasi, dan anti-separatisme." 

“Palestina dengan tegas menentang campur tangan dalam urusan dalam negeri China dengan dalih masalah terkait Xinjiang,” tulis pernyataan, melansir Radio Free Asia.

AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB, Mahmoud Abbas Marah

Suku Uighur di Xinjiang, Tiongkok. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • U-Report

Pernyataan itu juga menyatakan dukungan Otoritas Palestina untuk China sehubungan dengan Taiwan dan Hong Kong, mengakui pemerintahan Xi sebagai “satu-satunya pemerintahan sah yang mewakili seluruh China.” 

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

Abbas sedang dalam perjalanan empat hari untuk membahas peran potensial China dalam pembicaraan damai antara Israel dan Palestina, yang tinggal di wilayah yang diduduki oleh Israel, yang telah memberlakukan banyak pembatasan pada pergerakan dan aktivitas sebagian besar Muslim Palestina.

Meskipun Palestina akan memiliki alasan untuk mendukung Uighur, berpihak pada China menguntungkan kepentingan nasional Palestina, kata Erkin Ekrem, seorang profesor kebijakan luar negeri China di Universitas Hacettepe di Turki. 

Otoritas Palestina menjadi lebih bergantung pada China dan membutuhkan dana, teknologi, dan dukungan China di panggung internasional, katanya. “Masalah Uighur tidak sejalan dengan kepentingan Palestina,” kata Ekren. “Oleh karena itu, perhatian utama di sini adalah kepentingan nasional Palestina.” 

“Manfaat yang bisa mereka peroleh dari China lebih besar daripada keuntungan mendukung Uighur,” kata Ekrem. “Dalam situasi seperti ini, masalah Uighur, terlepas dari fakta bahwa Uighur adalah Muslim, bukanlah prioritas bagi mereka.”

Presiden Palestina Abbas dengan Presiden China Xi Jinping

Photo :
  • Reuters

Ekrem mencatat bahwa para pemimpin Palestina sebelumnya, termasuk Yasser Arafat, menyatakan dukungan untuk kebijakan Uighur China

Deklarasi bersama Abbas dan Xi muncul di tengah semakin banyak bukti yang mendokumentasikan penahanan hingga 1,8 juta warga Uighur dan lainnya di kamp “pendidikan ulang”, penyiksaan, pelecehan seksual, dan kerja paksa. 

Dalam sebuah laporan komprehensif yang dirilis pada bulan Agustus, Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, menemukan bahwa penahanan sewenang-wenang China terhadap Uighur dan minoritas lainnya di Xinjiang “mungkin merupakan kejahatan internasional, khususnya kejahatan terhadap kemanusiaan.” 

Namun sejumlah negara mayoritas Muslim belum mengkritik kebijakan China di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, atau secara terbuka mendukungnya, agar tidak mengasingkan atau mengecewakan Beijing, kata para ahli. 

Mengenai peran Beijing dalam menengahi kesepakatan damai antara Israel dan Palestina, China berusaha menunjukkan dirinya sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam mengatasi masalah regional, kata Giorgio Cafiero, CEO dan pendiri Gulf State Analytics yang berbasis di Washington, kepada RFA

“Jika China dapat membuat beberapa kemajuan dalam masalah ini, itu akan sangat membantu untuk mengirim pesan ke aktor regional tentang manfaat bekerja dengan Beijing daripada Washington dalam hal file diplomatik sensitif di wilayah tersebut,” kata Cafiero. 

“Saya yakin banyak yang akan kecewa dengan pernyataan Abbas ini, tetapi kepemimpinan Palestina harus pragmatis tentang bagaimana mereka terlibat dengan pemerintah asing,” katanya.

“Pada akhirnya, China sangat penting bagi Abbas, dan prioritasnya, berhubungan baik dengan China dan meningkatkan hubungannya dengan Beijing, melibatkan dia mengatakan hal-hal yang tidak disukai banyak orang Uyghur," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya