China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Siswa sekolah asrama khusus asal Tibet menjalani pendidikan jasmani.
Sumber :
  • AP Photo | Andy Wong

VIVA - Ketika Beijing meningkatkan penindasannya terhadap etnis minoritas di China untuk membangun dominasi Han, Partai Komunis China juga merancang berbagai cara untuk memastikan bahwa media luar negeri tidak dapat mengungkap pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung di balik tirai bambu.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Dilansir Greek City Times, Sabtu 13 April 2024, media China sangat disensor. Untuk memproyeksikan citra palsu China sebagai negara progresif, PKC harus mencegah semua kekejaman ini terungkap di surat kabar, kantor berita, dan televisi di negara lain.

Dari pengalaman para jurnalis asing yang melaporkan dari Tibet dan Xinjiang, wilayah yang masing-masing dihuni oleh etnis Tibet dan Uighur, yang kini berada di bawah kendali ilegal China, dan dari penelitian tentang bagaimana PKC mengendalikan media asing, terungkap bahwa pada dasarnya ada dua hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menghentikan aliran informasi ke dunia luar dari wilayah-wilayah tersebut hanya dengan mencegah wartawan asing mengunjungi dan beroperasi di wilayah-wilayah tersebut. Cara lainnya adalah dengan menyesatkan media asing dengan menyebarkan berita palsu, dengan 'mencuci otak' para jurnalis di berbagai negara secara ideologis, dan dengan mengintimidasi mereka dengan peraturan perundang-undangan yang kejam yang konon memiliki jangkauan luar bumi.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

“Tibet adalah salah satu tempat yang paling membatasi kebebasan pers di dunia, dengan informasi daring dan luring dikontrol dan disensor dengan ketat oleh pemerintah China,” kata sebuah makalah penelitian oleh Sage, penerbit buku dan jurnal akademis global. Pembatasan khusus diberlakukan terhadap koresponden asing yang melakukan perjalanan ke Daerah Otonomi Tibet dan melapor ke wilayah Tibet. Warga Tibet yang bertindak sebagai sumber dianiaya. Permintaan kunjungan dari Klub Koresponden Asing China ke Tibet selalu ditolak. Kunjungan koresponden asing ke TAR, yang jarang dilakukan, merupakan perjalanan kelompok yang diawasi dan dikoordinasikan secara ketat oleh pihak berwenang.

Untuk mencegah penyebaran situasi nyata di Tibet ke negara-negara lain, langkah-langkah seperti penutupan jaringan, penyaringan internet, sensor media sosial, penyitaan parabola dan gangguan sinyal radio gelombang pendek diadopsi. Pihak berwenang menganiaya warga Tibet yang memberikan bantuan kepada jurnalis tanpa izin resmi. Kasus yang terkenal adalah kasus Tashi Wangchuk, seorang penggembala asal Tibet yang menjadi penjaga toko yang pada tahun 2018 dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena 'menghasut separatisme' karena berbicara dengan reporter New York Times di Beijing pada tahun 2015. “Beberapa sumber saya telah diadili dan dijatuhi hukuman tiga hingga 16 tahun. Banyak dari mereka yang dipenjara,” kata seorang jurnalis Tibet di pengasingan.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Penyaringan internet dan gangguan radio membantu kelompok berita Tibet menjangkau khalayak Tibet. Frekuensi macet, dan pihak berwenang menyita parabola. Situs web menghadapi serangan 'Denial of Service yang Terganggu', yang biasanya terjadi sekitar hari peringatan politik sensitif masyarakat Tibet.

Pengalaman sejarawan dan jurnalis Albania-Kanada Olsi Jazexhi pada tahun 2019, sebagaimana dikisahkan dalam Al-Jazeera, merupakan kisah nyata bagaimana China mencegah penyaringan berita ke dunia luar mengenai pelanggaran hak asasi manusia yang menimpa Muslim Uighur. Jazexhi telah mengikuti tur media jurnalis asing, sebagian besar dari negara-negara Muslim, ke wilayah Xinjiang.

“Saya ingin membela pemerintah China,” kenangnya. Namun dia segera memahami bahwa membela narasi China adalah tugas yang jauh lebih sulit daripada yang dia perkirakan. Mereka dibawa ke salah satu pusat pelatihan kejuruan di luar ibu kota daerah, Urumqi. “Mereka bilang itu seperti sekolah tapi jelas itu adalah situs dengan keamanan tinggi di tengah gurun,” kata Jazexhi. “Mereka juga memberi tahu kami bahwa orang-orang yang tinggal di sana tidak diperbolehkan pergi. Jadi jelas itu bukan sekolah tapi penjara dan orang-orang di sana bukanlah pelajar melainkan narapidana. Mereka (tuan rumah China) menggambarkan penduduk asli Xinjiang sebagai imigran dan Islam sebagai agama yang asing di wilayah tersebut. Itu tidak benar.”

Tur media semacam itu, yang diselenggarakan atas perintah Presiden Chiba Xi Jinping, adalah taktik umum yang dilakukan oleh negara-negara yang menyembunyikan sesuatu.

Jurnalis Associated Press yang diposting di Beijing Yanan Wang menceritakan cara halus departemen propaganda pemerintah China untuk mengontrol pemberitaan di Daerah Otonomi Uighur.

"Di bandara kami memiliki panitia penyambutan dari otoritas setempat. Mereka menawari kami tumpangan dengan mobil mereka dan banyak keramahtamahan. Sejak kami tiba, kami diikuti oleh setidaknya satu mobil. Kami sedang mengambil foto, dan seseorang tiba-tiba muncul di tempat kejadian dan mengatakan bahwa dia adalah 'warga negara yang peduli'. Dia mengatakan mengambil foto adalah pelanggaran hak privasinya. Dia melakukan monolog panjang tentang hak privasi dan tentang betapa tidak pantasnya kami mengambil foto dirinya tanpa sepengetahuannya. Kami bertanya kepadanya: 'Di mana Anda di foto-foto ini?' Dia akan melalui semuanya. Dia bilang kami harus menghapus semuanya. 'Ini saudaraku,' atau 'Ini tempat kerjaku, kamu harus menghapusnya.' Mereka menyamar sebagai warga negara yang peduli untuk menghalangi pelaporan.”

Tim BBC mendapat pengalaman mengerikan saat berkunjung ke wilayah Otonomi Uighur. “Selama kurang dari 72 jam di Xinjiang, kami terus-menerus diikuti dan pada lima kesempatan terpisah didekati oleh orang-orang yang berusaha menghentikan kami syuting di depan umum, terkadang dengan kekerasan. Setidaknya dalam dua kasus, kami dituduh melanggar privasi orang-orang ini dengan dasar bahwa upaya mereka untuk menghentikan kami telah membuat mereka berjalan di depan kamera kami. Petugas polisi berseragam yang menghadiri 'insiden' ini dua kali menghapus rekaman kami dan pada kesempatan lain kami ditahan sebentar oleh pejabat setempat yang mengklaim kami telah melanggar hak-hak petani dengan merekam sebuah ladang.” Tim BBC menyimpulkan: “Upaya propaganda China mungkin merupakan tanda betapa buruknya keyakinan mereka bahwa pemberitaan tentang Xinjiang telah merusak reputasi internasional mereka.”

Selain mengusir koresponden asing dari China, rezim komunis kini juga mencoba mempengaruhi liputan media internasional agar menguntungkan mereka, terutama di negara-negara di mana rezim komunis telah berinvestasi dalam proyek Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative). China secara teratur mengadakan program pertukaran untuk jurnalis asing, pelatihan bagi jurnalis di kota-kota China, dan diskusi rutin dengan jurnalis asing di serikat media China. Konten media dengan propaganda resmi diberikan gratis kepada jurnalis asing. Perjanjian kerja sama bilateral dengan media diluncurkan di tingkat lokal, dan tambahannya diterbitkan di publikasi asing terkemuka.

Pada tahun 2019, ketika Italia menandatangani perjanjian BRI dengan China, Presiden China Xi Jinping menandatangani serangkaian perjanjian dengan perusahaan media Italia. Layanan Berita Italia Xinhua diluncurkan berdasarkan MoU antara kantor berita Italia ANSA dan kantor berita China Xinhua. Penyiar publik Italia RAI mencapai kesepakatan dengan China Media Group. “Kehadiran media Italia yang semakin luas memberi Beijing sebuah platform untuk menyebarkan pandangan resminya sekaligus berpotensi menghambat munculnya perdebatan yang lebih kritis,” demikian laporan Henry Jackson Society yang berbasis di London. ANSA mengakhiri perjanjian pada tahun 2022.

Di negara-negara miskin, pemasukan uang sering kali merupakan bujukan yang cukup. “Meja kerja, telepon, dan gaji tetap merupakan hal positif di negara-negara yang menganggap hal-hal tersebut merupakan kemewahan,” kata Jeremy Dear dari Federasi Jurnalis Internasional. Berita palsu tentang China juga ditanam di media asing, memanfaatkan teknologi komunikasi terkini. Himbauan terhadap keyakinan ideologis ditujukan kepada para jurnalis untuk melakukan sensor mandiri atas laporan-laporan yang kritis terhadap China di kota-kota dengan tradisi komunis.

Ketika tidak ada yang berhasil, Beijing melakukan ancaman terhadap jurnalis asing untuk membuat mereka sejalan. Pada bulan Desember 2023, China menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan penelitian dan analisis data yang berbasis di Los Angeles, Kharon dan dua analis utamanya, menurut laporan Al Jazeera. Mereka dilarang masuk ke China. Aset atau properti milik perusahaan dan kedua analis tersebut akan dibekukan. Organisasi dan individu di China dilarang melakukan transaksi atau bekerja sama dengan mereka. Perusahaan tersebut telah banyak melaporkan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uighur dan kelompok Muslim lainnya.

China menggunakan Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong untuk mengancam jurnalis asing dengan penangkapan dan penuntutan jika mereka berada di yurisdiksi China, bahkan untuk transit. Pada tanggal 13 Maret, pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong mengancam Hong Kong Watch yang berbasis di London dengan pengkhianatan karena mengkritik Undang-undang Perlindungan Keamanan Nasional yang kejam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya