Rusia Usir 9 diplomat Finlandia yang Baru Jadi Anggota NATO

VIVA Militer: Mayor Jenderal Rustam Muradov dan Presiden Vladimir Putin
Sumber :
  • kremlin.ru

Moskow – Rusia, pada Kamis 7 Juli 2023, mengaku telah mengusir sembilan diplomat Finlandia yang merupakan negara tetangganya dan anggota baru aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Langkah ini bisa disebut sebagai tit-for-tat atau tindakan balasan atas aksi yang sama yang sebelumnya dilakukan negara lain. Pada Juni, Finlandia memang mengusir sembilan diplomat Rusia karena dituding bekerja untuk misi intelijen.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Rusia juga memutuskan menutup konsulat Finlandia di St Petersburg, kata Kementerian Luar Negeri Rusia. Mereka menuduh Finlandia menjalankan kebijakan "konfrontatif" terhadap Rusia.

Bendera Uni Eropa dan Finlandia berkibar di luar Kedutaan Besar Finlandia di Moskow, Rusia.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Maxim Shemetov/as/am.
Alasan Nasdem Lirik Ustaz Das'ad Latif Masuk Bursa Pilwalkot Makassar


"Perlu ditegaskan bahwa parameter masuknya Finlandia ke dalam NATO yang saat ini dibahas, menjadi ancaman terhadap keamanan Federasi Rusia, dan mendorong rezim Ukraina untuk berperang dan membantunya dengan persenjataan Barat adalah tindakan yang jelas-jelas memusuhi negara kita,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Garis kebijakan Finlandia ini tidak boleh didiamkan," kata Kemenlu Rusia.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto menyebut tindakan Rusia itu "tanggapan keras yang tidak setara dengan keputusan pengusiran (diplomat Rusia oleh) Finlandia". Dia mengatakan Finlandia sedang mempersiapkan langkah balasan, dengan menutup konsulat Rusia di Turku. (Ant/Antara)

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza
Gunung Ruang Sitaro Kembali Meletus dengan Naik ke Status Awas.

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

AirNav Indonesia mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) atau informasi penerbangan terkait penutupan sementara tujuh bandara di sekitar Sulawesi imbas erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024