Beijing Kelar Latihan Militer, Giliran Kapal Patroli AS Masuk Selat Taiwan

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut AS, USS Leyte Gulf (CG-55)
Sumber :
  • navy.mil

Taipei – Sebuah pesawat patroli Angkatan Laut AS berada di Selat Taiwan, pada Kamis, 13 Juli 2023, setelah militer China latihan selama dua hari di selatan pulau itu. Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan pesawat patroli dan pengintaian maritim P-8A Poseidon, yang juga digunakan untuk misi anti-kapal selam, telah terbang melalui selat di wilayah udara internasional. 

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

"Dengan beroperasi di Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua negara," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 13 Juli 2023. 

"Transit pesawat di Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional.” 

Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

Kapal perang Armada ke-7 AS saat berlabuh di Filipina

Photo :
  • AP Photo/Aaron Favila

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pesawat itu menempel di garis median selat dan berlabuh ke arah selatan pada Kamis pagi, dan pasukan Taiwan terus mengawasi. 

Mobil Listrik Wuling Laku Keras di PEVS 2024

Garis median biasanya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara Taiwan dan China, tetapi sejak Agustus lalu ketika China menggelar latihan perang besar-besaran di dekat pulau itu, pesawat militernya sering melewati garis tersebut, meskipun dalam waktu singkat. 

Misi tersebut mengikuti latihan baru China selama dua hari di dekat Taiwan, yang melibatkan pesawat tempur, pembom, dan kapal perang yang terbang terutama ke selatan pulau itu dan keluar ke Pasifik melalui Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina. 

Sementara China belum mengomentari latihan tersebut, latihan itu berlangsung kurang dari dua minggu sebelum Taiwan melakukan latihan tahunannya sendiri dan ketika NATO mengadakan pertemuan puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya