Mantan Jenderal AS: Vladimir Putin Tak Mungkin Bunuh atau Penjarakan Bos Wagner Prigozhin

VIVA Militer: Bos PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin
Sumber :
  • pravda.com.ua

Rusia – Bos Grup Wagner Yevgeny Prigozhin mungkin tidak mati atau dipenjara, meski setelah baru-baru ini melakukan pemberontakan jangka pendek terhadap militer Rusia, dan jika demikian, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan merahasiakannya, menurut seorang mantan jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat.

Buronan Kriminal Pura-pura Tuli dan Bisu 20 Tahun demi Tak Dipenjara

"Saya tidak melihat bukti bahwa dia telah dibunuh," pensiunan Brigadir Angkatan Darat AS Jenderal Kevin Ryan mengatakan kepada Insider tentang Prigozhin, menambahkan bahwa dia juga tidak mencurigai pemodal dan pendiri kelompok paramiliter Rusia saat ini dipenjara.

"Apa gunanya melakukan itu dan tidak mengatakan bahwa kamu telah melakukan itu?" kata Ryan, yang menjabat sebagai atase pertahanan ke Rusia untuk AS.

Biadab! Gegara Disetubuhi Ayahnya, Gadis ABG Alami Depresi Hingga Bunuh Ibunya saat Tidur

Pemberontakan Singkat Tentara Bayaran Wagner ke Putin

Photo :
  • VIVA

Ryan menjelaskan bahwa setelah pemberontakan bersenjata singkat Wagner, Putin "terlihat lemah", dan jika Prigozhin dijebloskan ke penjara atau mati, itu sebenarnya akan membuat Putin tampak "lebih kuat" untuk mengumumkannya.

Dikawal 4 Jet Tempur Sukhoi Flanker, Vladimir Putin Datangi Pemakaman Presiden Iran

"Sepertinya (Putin) bisa mengendalikannya," kata Ryan. "Jika dia membunuhnya, dia bisa melakukan itu. Dia melakukannya, tentu saja, atau dia membiarkan percobaan itu dilakukan orang lain."

"Tapi nama besar, wajah besar," kata Ryan, "Umumnya tidak akan dibunuh karena mereka membuat semacam ancaman."

Namun, keberadaan Prigozhin hingga kini masih tidak jelas karena dia menghilang dari pandangan publik di tengah upaya Kremlin untuk mengekang dampak dari pemberontakannya bulan lalu. "Memang benar kami tidak tahu di mana Prigozhin berada atau bagaimana situasinya," kata Ryan. "Kami mendapat sedikit demi sedikit dari orang yang berbeda, bukan dari Putin secara langsung dan bukan dari Prigozhin secara langsung."

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa Putin telah bertemu langsung dengan Prigozhin dan para komandannya pada 29 Juni, lima hari setelah pemberontakan Wagner. Namun, tidak ada foto atau video dari pertemuan itu yang dirilis.

Peskov mengatakan bahwa selama pertemuan tersebut, Putin "memberikan penilaiannya" atas tindakan Wagner di medan perang di Ukraina di tengah perang Rusia dengan negara tersebut "dan peristiwa 24 Juni", sambil juga mendengarkan penjelasan Wagner atas pemberontakan tersebut.

"Para komandan sendiri mempresentasikan versi mereka tentang apa yang terjadi. Mereka menggarisbawahi bahwa mereka adalah pendukung setia dan prajurit kepala negara dan panglima tertinggi, dan juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang untuk tanah air mereka," Peskov dikatakan.

Ada kemungkinan Prigozhin bisa masuk penjara di beberapa titik, tetapi yang tampaknya lebih pasti untuk masa depan Prigozhin adalah bahwa dia tidak akan memiliki kekuatan yang dia miliki sebelumnya, kata Ryan.

VIVA Militer: Tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia

Photo :
  • spiegel.de

"Pastinya di masa depan dia tidak memiliki tenaga seperti yang dia miliki sebelumnya," kata Ryan.

Pensiunan Angkatan Darat AS menduga bahwa kemungkinan besar Kremlin menjaga Prigozhin, seorang pengusaha miliarder, sementara itu "membongkar" kerajaan Prigozhin yang luas. "Mereka membutuhkan dia untuk melakukannya," kata Ryan.

"Sangat mudah untuk jatuh ke versi Hollywood dari apa yang mungkin terjadi, tetapi kenyataannya jauh lebih pragmatis di sini," kata Ryan. "Kamu membunuh seseorang saat itu yang harus kamu lakukan. Kalau tidak, ada cara untuk menggunakannya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya