Mirip Samsung, Korea Utara Luncurkan Smartphone Baru Bernama Samtaesong 8

Smartphone Korea Utara, Samtaesong 8
Sumber :
  • KCTV

Pyongyang – Sebuah smartphone baru Korea Utara, yang memiliki kemiripan dengan smartphone Samsung yang disebut Samtaesong 8 baru-baru ini ditampilkan di Korean Central Television milik pemerintah Korea Utara. 

Realme Curi Start

Ponsel ini muncul pertama kali dalam sebuah program yang mempromosikan penggunaan smartphone yang tepat dan aman. 

Menurut kamus Korea Utara, "samtaesong" mengacu pada "tiga bintang terang", yang berarti pendiri Korea Utara Kim Il-sung, istrinya Kim Jong-suk dan putranya Kim Jong-il, dari dugaan perlawanan bersenjata mereka terhadap pendudukan Jepang. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Smartphone Korea Utara, Samtaesong 8

Photo :
  • KCTV

Dilansir dari The Korea Herald, Jumat, 14 Juli 2023, Samtaesong 8 menampilkan desain eksterior yang mirip dengan smartphone yang diproduksi oleh Samsung Electronics Korea Selatan atau Huawei China. Itu memiliki kamera ganda di belakang dan satu di depan. 

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Sementara model smartphone Korea Utara lainnya seperti Pyongyang Touch dan Arirang telah diberitakan oleh media, Samtaesong 8 merupakan tambahan baru. Belum dipastikan apakah Samtaesong 8 diproduksi di Korea Utara atau diimpor dari China.

Smartphone di Korea Utara tidak memiliki akses internet selain intranet Korea Utara yang dapat diakses melalui kartu SIM. 

Televisi pemerintah KCTV menayangkan iklan yang menyarankan para penonton Korea Utara untuk menunggu 1 hingga 2 detik sebelum menjawab panggilan telepon untuk menghindari gelombang elektromagnetik, menyesuaikan kecerahan mata, dan membatasi waktu layar anak-anak.

Sementara itu, dalam sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola negara belum lama ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong un terlihat menggunakan ponsel lipat yang mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei. 

Sekitar 6,5 juta hingga 7 juta warga Korea Utara diperkirakan memiliki akses ke jaringan seluler, menurut laporan tahun 2022 oleh wadah pemikir nirlaba Stimson Center. 

Korea Utara diyakini telah mulai memperkenalkan jaringan seluler pada tahun 2002, tetapi baru lepas landas hingga tahun 2008 Koryolink, perusahaan patungan antara perusahaan telekomunikasi Mesir dan Korporasi Pos dan Telekomunikasi Korea Utara, diluncurkan.

Ponsel pintar mulai menyebar dengan cepat di Pyongyang dan kota-kota besar lainnya pada tahun 2013, dan sebagian besar ponsel diimpor dari China hingga ponsel pintar Arirang pertama yang diproduksi secara lokal diperkenalkan ke publik pada Agustus 2013. 

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Photo :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

Menurut laporan, ponsel Arirang dijual seharga US$350 atau Rp4 juta di Pyongyang pada 2017. 

Smartphone Korea Utara dilaporkan memiliki fitur berteknologi tinggi termasuk kecerdasan buatan dan fitur identifikasi biometrik seperti pengenalan suara dan wajah. 

Jumlah pengguna smartphone diproyeksikan meningkat secara eksponensial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya