Ukraina Ngaku Hancurkan Jembatan Krimea, Putin Geram Hingga Beri Ancaman

VIVA Militer: Ledakan di Jembatan Krimea9
Sumber :
  • pravda.com.ua

Moskow – Seorang pejabat keamanan Ukraina mengklaim bahwa Kiev bertanggung jawab atas serangan di jembatan yang menghubungkan semenanjung Krimea dan Rusia. Jembatan tersebut merupakan jalur pasokan penting untuk upaya perang Rusia di Ukraina 

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Penyeberangan hampir 12 mil itu juga dikenal sebagai Jembatan Kerch. Infrastruktur terpanjang di Eropa dan memiliki kepentingan strategis dan simbolis yang sangat besar bagi Moskow. 

Serangan pada hari Senin, 17 Juli 2023, adalah serangan kedua sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina. Sebelumnya, sebuah truk bahan bakar juga meledak saat melintasi jembatan itu pada bulan Oktober lalu. 

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

VIVA Militer: Ledakan di Jembatan Krimea

Photo :
  • aljazeera.com

Sebuah sumber di Layanan Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan kepada CNN bahwa serangan pada hari Senin itu adalah operasi gabungan antara SBU dan angkatan laut Ukraina. 

Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

Menteri transformasi digital Ukraina juga kemudian mengatakan bahwa jembatan itu dihantam oleh pesawat tak berawak angkatan laut. 

Dua serangan dilaporkan sekitar pukul 03.00 pagi waktu setempat, dan merusak bagian jembatan, menurut saluran Telegram Zona Abu-abu, yang mendukung kelompok tentara bayaran Wagner. 

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut serangan Ukraina itu sebagai serangan teroris dan berjanji untuk membalas serangan tersebut. Dia juga mengklaim bahwa Ukraina tidak berhak menghancurkan jembatan itu karena tidak ada kepentingan militer di sana. 

“Akan ada tanggapan dari Rusia terhadap serangan teroris di jembatan Krimea. Kementerian Pertahanan sedang menyiapkan proposal yang relevan,” kata Putin dalam pertemuan dengan para pejabat, dikutip dari CNN Internasional, Selasa, 18 Juli 2023.

"Saya ingin mengulangi bahwa apa yang terjadi adalah tindakan teroris lain dari rezim Kiev." 

Gubernur wilayah Belgorod Rusia, Vyacheslav Gladkov, mengatakan seorang gadis terluka dan orang tuanya tewas saat ledakan terjadi di jembatan tersebut. 

“Ada kerusakan pada jalan di bentangan Jembatan Krimea,” kata Kementerian Transportasi Rusia di Telegram. 

Bentang pada jembatan adalah panjang antara tiang penyangga.  Gambar menunjukkan runtuhnya sebagian jalan raya jembatan, yang juga membawa rel kereta api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya