Menlu China "Hilang" Lebih dari 3 Minggu, Picu Spekulasi Liar

Menlu China, Qin Gang.
Sumber :
  • Xinhua/Liu Jie.

Beijing – Menteri luar negeri China, Qin Gang (57), telah absen dari mata publik selama lebih dari tiga minggu, hingga Rabu 19 Juli 2023, memicu spekulasi luas atas alasan kepergiannya yang tidak dapat dijelaskan di tengah ketegangan hubungan Beijing dan Washington.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Qin Gang, 57, adalah bintang diplomatik Tiongkok yang berpengalaman dan berkembang pesat. Dia pernah menjabat sebagai duta besar China untuk AS selama sekitar satu setengah tahun sejak Juli 2021. Kemudian Presiden China Xi Jinping mengangkatnya menjadi Menteri luar negeri China Desember lalu, dan diangkat sebagai Anggota Dewan Negara – posisi peringkat tertinggi ketiga di pemerintah pusat China – pada bulan Maret.

Ketidakhadiran Qin awalnya diuangkapkan oleh pejabat Kementerian Luar Negeri seminggu yang lalu, ketika diumumkan bahwa ia akan melewatkan pertemuan tahunan menteri luar negeri ASEAN, karena "alasan kesehatan." Kementerian yang tidak merinci lebih lanjut, memicu spekulasi publik bahwa dia telah tertular COVID-19.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Menlu China, Qin Gang.

Photo :
  • Antara FOTO.

Namun, pertanyaan tentang keberadaannya terus meningkat sejak ketidakhadirannya yang lebih lama dari waktu yang mungkin dibutuhkan untuk pulih dari virus corona.

3 Polisi AS Tewas Saat Baku Tembak dengan Penjahat di North Carolina

Ditanya wartawan tentang ketidakhadiran Qin pada jumpa pers reguler pada Senin, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan dia "tidak memiliki informasi untuk diberikan." Dia menambahkan bahwa kegiatan diplomatik negara itu dilakukan seperti biasa.

Melansir Japan Times, Kamis 20 Juli 2023 , hingga hari ini Qin telah hilang dari pandangan publik selama 24 hari. Penampilan publik terakhirnya di Beijing adalah pada 25 Juni, ketika bertemu dengan para diplomat dari Vietnam, Sri Lanka, dan Rusia.

Sejak itu, Qin gagal menghadiri beberapa pertemuan penting dengan diplomat dari negara lain, termasuk pejabat senior AS seperti Menteri Keuangan Janet Yellen dan utusan iklim John Kerry. Dia dijadwalkan bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell awal bulan ini, tetapi pertemuan itu tiba-tiba dibatalkan oleh China.

Mengingat pentingnya peran Qin dalam diplomasi China, Alfred Wu, dari National University of Singapore, mengatakan kepergiannya sangat "tidak biasa dan bermasalah" bagi Beijing, karena terjadi di tengah serentetan kegiatan diplomatik di China.

Secara khusus, hilangnya itu bukan pertanda baik untuk hubungan China-AS yang sudah penuh, kata para ahli.

“Pada saat yang sangat sensitif untuk hubungan AS-Tiongkok, diplomasi Tiongkok bermasalah untuk tidak menampilkan tokoh terkemuka seperti itu dengan jelas,” kata spesialis sejarah dan politik Tiongkok modern di Universitas Oxford, Rana Mitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya