Swedia Tuding Rusia Sebarkan Berita Palsu Soal Pembakaran Al Quran untuk Ganggu Swedia Masuk NATO

Ilustrasi Pembakaran Al Quran di Swedia
Sumber :
  • middleeastmonitor

Stockholm – Pihak berwenang Swedia menuduh Rusia mencoba mempengaruhi bagaimana pembakaran Al Quran terlihat di seluruh dunia melalui kampanye disinformasi yang ditulis dalam bahasa Arab.

Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar

Itu diyakini sebagai bagian dari upaya untuk mengganggu proses keanggotaan Swedia di NATO, yang masih menunggu persetujuan dari Turki dan Hungaria. 

Badan pertahanan psikologis Swedia, bagian dari Kementerian Pertahanan, mengatakan bahwa media yang dikendalikan negara Rusia, yaitu RT dan Sputnik telah menerbitkan serangkaian artikel dalam bahasa Arab, yang secara keliru mengklaim bahwa pemerintah Swedia mendukung pembakaran Al Quran. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Ilustrasi Pembakaran Al Quran di Swedia

Photo :
  • middleeastmonitor

Sejak akhir Juni, pihak berwenang telah mencatat sekitar satu juta postingan serupa dalam bahasa Arab dan bahasa lainnya. Berita dari agensi Rusia itu meningkat mengikuti aksi pembakaran lain dalam serentetan penodaan semacam itu di Swedia.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Diketahui, dua pria Irak, Salwan Momika dan Salwan Najem, yang pernah terlibat dalam insiden sebelumnya, diizinkan membakar Al Quran di luar parlemen, memicu kemarahan, dan semakin meningkatkan krisis diplomatik antara Swedia dan negara-negara Muslim di seluruh dunia. 

Pemerintah Swedia berada di bawah tekanan global yang meningkat untuk mencegah protes lebih lanjut, tetapi sejauh ini mengesampingkan perubahan undang-undang kebebasan berekspresi yang luas di negara itu. 

Mikael Ostlund, juru bicara lembaga pertahanan psikologis, mengatakan bahwa sejak Momika dan Najem membakar Al Quran di luar Masjid Stockholm di hari raya Idul Adha pada bulan Juni, disinformasi online telah meningkat secara eksponensial. 

Di antara mereka yang menyebarkan narasi palsu, katanya, adalah negara dan ekstremis Islam. “Mereka terus mengulangi narasi bahwa Swedia mendukung pembakaran Al Quran dan bahwa Swedia adalah negara Islamofobia dan memusuhi Islam,” katanya.

“Kami tidak terlalu terkejut karena Rusia menggunakan narasi yang membuat Swedia terlihat buruk dan mempersulit untuk bergabung dengan NATO.” 

Dia menambahkan: “RT dan Sputnik, saluran tersebut telah memiliki beberapa postingan dengan narasi tersebut sejak Juni dan Juli dalam bahasa Arab. Jadi jelas mereka ingin membuat diri mereka didengar di antara orang-orang berbahasa Arab.” Karena mereka adalah saluran yang dikelola negara, ini menunjukkan bahwa strateginya datang dari atas, katanya.

"Semuanya disetujui oleh Kremlin jadi itu berasal dari pemerintah Rusia. Narasinya sejalan dengan apa yang Kremlin ingin mereka lakukan.” Karena pola disinformasi berkembang dari waktu ke waktu, semakin mudah bagi orang untuk percaya bahwa narasi yang salah itu benar, katanya.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, menyinggung pihak asing yang berperan dalam pembakaran Al Quran, menuduh orang luar menggunakan negara sebagai “panggung untuk menyebarkan pesan kebencian”. 

Berbicara di Stockholm pekan lalu, beberapa jam setelah Organisasi Kerjasama Islam mengutuk protes dan menyerukan intervensi PBB, dia mengatakan tindakan seperti itu "menyeret Swedia ke dalam konflik internasional".

Dia juga dipaksa untuk membahas perilaku ketua komite keadilan parlemen, Richard Jomshof dari sayap kanan Demokrat Swedia, yang secara luas dikutuk karena membuat komentar Islamofobia tentang Nabi Muhammad. 

Valentyna Shapovalova, seorang Ph.D. di University of Copenhagen yang mempelajari propaganda dan disinformasi Rusia, mengatakan bahwa pembakaran Alquran di Swedia “sulit untuk dihindari” di media Rusia, di mana hal itu dilaporkan hampir setiap hari.

"Rusia pasti mencoba menggunakan pembakaran Al Quran dalam narasi propagandanya, yang dibangun di sekitar gagasan bahwa, secara umum, nilai-nilai barat dan barat telah rusak dan barat sedang membusuk," katanya. 

"Dalam beberapa berita media, pembakaran Al Quran telah digunakan sebagai bukti bahwa dunia barat liberal telah bertindak terlalu jauh.”

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • Youtube

Sementara pembakaran Alquran juga terjadi di Denmark, fokusnya lebih ke Swedia, terutama sejak negara itu mengajukan permohonan NATO tahun lalu. Insiden tersebut digunakan sebagai “batu loncatan simbolis” oleh Rusia, baik di dalam negeri untuk Muslim Rusia maupun secara global, kata Shapovalova. 

Melalui artikel-artikel propaganda yang ditulis dalam bahasa Arab, Rusia "mencoba untuk mempromosikan ketegangan antara apa yang disebut demokrasi barat dan orang-orang di negara-negara berbahasa Arab", katanya. Vladimir Putin, presiden Rusia, diperkirakan akan mengunjungi Turki akhir bulan ini. 

"Ini akan menempatkan peran yang cukup besar dalam cara media yang berpihak pada negara berfokus pada pembakaran Alquran,” kata Shapovalova.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya