Hubungan Makin Mesra, Arab Saudi Resmi Luncurkan Penerbangan dari Riyadh dan Jeddah ke Beijing

Pesawat maskapai Saudi Arabian Airlines
Sumber :
  • planespotters.net

Riyadh – Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, resmi meluncurkan penerbangan langsung dari rute Riyadh dan Jeddah ke Beijing, pada Minggu, 6 Agustus 2023. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Bekerja sama dengan Program Konektivitas Udara (ACP), langkah ini dipandang sebagai bukti komitmen Arab Saudi dan China untuk memperdalam kerja sama mereka," kata media pemerintah Arab Saudi, SPA. 

Dilansir dari Alarabiya News, Senin, 7 Agustus 2023, penerbangan perdana dari Jeddah ke Beijing berhasil dilakukan pada 4 Agustus 2023, disusul penerbangan langsung dari Riyadh ke Beijing pada 6 Agustus 2023. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

pesawat terbang - etihad - arab saudi - maskapai

Photo :
  • v

Dengan rute-rute baru ini, sekitar 165 juta orang yang tinggal di China utara sekarang memiliki akses mudah ke Arab Saudi. Hal ini juga membuka jalan bagi peningkatan pariwisata bersama dan mendorong kolaborasi internasional yang lebih besar antara Arab Saudi dan pasar penerbangan global. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

ACP, yang berfungsi sebagai fasilitator konektivitas udara Kerajaan, memainkan peran penting dalam meluncurkan rute-rute baru ini. Selain itu, langkah tersebut sejalan dengan komitmen Arab Saudi untuk meningkatkan kemajuan dalam sektor perjalanan dan penerbangannya. 

"Peluncuran rute baru ini dilakukan tak lama setelah forum bisnis Arab-Tiongkok ke-10, yang sangat sukses di Riyadh dan merupakan perkembangan penting dalam upaya berkelanjutan kami untuk memperluas konektivitas udara,” kata CEO ACP, Ali Rajab. 

ACP percaya rute tambahan ke dan dari Kerajaan akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023 dan paruh pertama tahun 2024, yang selanjutnya memperkuat jaringan penerbangan dan aksesibilitas internasional. 

Upaya untuk memperluas konektivitas udara telah membuahkan hasil yang nyata, dengan peringkat konektivitas udara global Arab Saudi yang ditingkatkan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA). Peringkat itu bergerak dari 27 pada 2019 menjadi peringkat 13 pada 2022. 

“Di Saudi, kami tetap berdedikasi untuk memperluas jaringan kami dan berkontribusi ke 250 tujuan yang diuraikan dalam strategi Penerbangan Nasional Saudi,” kata CEO Saudi, Kapten Ibrahim Koshy. 

“Kemitraan, seperti dengan ACP, memainkan peran penting dalam mencapai tujuan ini. Bersama-sama, kami telah berhasil meluncurkan rute, termasuk Birmingham, Inggris, dan Zurich, Swiss, yang memungkinkan kami menghubungkan dunia ke Arab Saudi," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya