Jambore Dunia di Korsel Gagal Total, Parlemen Minta BTS Hibur 45.000 Peserta

BTS
Sumber :
  • IG @bts.bighitofficial

SeoulJambore Pramuka Dunia yang digelar di Korea Selatan, menuai rasa malu nasional atas sejumlah kegagalan dalam acara tersebut, hingga para peserta harus dilakukan evakuasi. Untuk mereda kemarahan dan membayar rasa malu yang timbul, parlemen Korea Selatan meminta untuk group BTS melakukan konser di depan peserta jambore. 

Kemenhub Bebastugaskan Pejabat yang Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Megastar K-pop itu saat ini sedang dalam masa jeda karena dua anggotanya, Jin dan J-Hope sedang menjalani wajib militer, begitupun SUGA akan segera menyusul. 

"Militer Korea Selatan harus memberi mereka (BTS) izin cuti sehingga mereka dapat tampil untuk ribuan remaja dari seluruh dunia, yang terlantar akibat kegagalan jambore," menurut anggota parlemen Sung Il-jong, dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 9 Agustus 2023. 

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Kondisi Jambore di Korsel

Photo :
  • AP Photo

"Untuk para tamu yang berharga ini, kekurangan jadwal perlu diisi dengan kekuatan budaya Korea," tulis Sung di halaman Facebook-nya. 

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Dia juga meminta Kementerian Pertahanan Korsel untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan, dan mengizinkan BTS tampil di konser K-pop di Seoul pada Jumat, 11 Agustus 2023, untuk para peserta jambore. "Melakukan hal itu akan membantu mengangkat prestise nasional Korea Selatan," ujarnya. 

Sung, yang juga anggota komite pertahanan nasional parlemen, mengatakan jambore itu telah merusak reputasi negara karena persiapan yang tidak memadai, dan manajemen yang buruk. Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada respons atas permintaan Sung tersebut. 

Sebagai informasi, sekitar 43.000 orang telah berkumpul di pantai Korea Selatan minggu lalu untuk terlibat dalam kegiatan Jambore Pramuka Dunia. Tapi, kegiatan itu mengalami banyak masalah, awalnya dengan gelombang panas, kemudian angin taifun, dan dugaan pelecehan seksual yang baru-baru ini mencuat. 

Ribuan siswa akhirnya dievakuasi ke Seoul dan bagian lain negara itu pada hari Selasa, 8 Agustus 2023. Bahkan sebelum peringatan adanya angin topan, media Korea menyebut jambore itu "aib nasional". 

BTS juga telah memainkan peran penting dalam mempromosikan budaya Korea Selatan, bahkan pernah menjabat sebagai utusan presiden negara tersebut. 

Tahun lalu, mereka mengadakan konser gratis di Busan untuk mendukung upaya Korea Selatan menjadi tuan rumah World Expo 2023 di kota pelabuhan selatan. Itu adalah konser terakhir mereka sebagai grup sebelum para anggota mulai bergabung untuk wajib militer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya