Pertama Kalinya Setelah 47 Tahun , Rusia Luncurkan Roket untuk Misi ke Bulan

Peluncuran roket Rusia
Sumber :
  • DW

VIVA Dunia – Rusia meluncurkan misi bulan pertamanya dalam hampir setengah abad pada hari Jumat 11 Agustus 2023, berharap menjadi yang pertama mencapai pendaratan di sebelah selatan bulan. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pesawat ruang angkasa Luna-25 diluncurkan dari kosmodrom Vostochny menggunakan roket Soyuz. "Peluncuran berhasil," kata Yuri Borisov, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, melansir DW

Roscosmos mengatakan roket akan memakan waktu lima hari untuk mencapai bulan. Pesawat itu kemudian akan menghabiskan hingga tujuh hari lagi di orbit bulan sebelum turun ke salah satu dari tiga kemungkinan lokasi pendaratan.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Peluncuran roket Rusia

Photo :
  • DW

Misi Luna-25 bertujuan untuk menjadi penyelidikan pertama yang melakukan pendaratan lunak di selatan bulan sesuatu yang telah dihindari misi Rusia, Amerika, Cina, India, Jepang, dan Israel selama bertahun-tahun. 

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Di sana, Luna-25 akan mencari air beku dengan mengambil sampel batuan dari kedalaman hingga 15 cm dari regiolit bulan, lapisan material permukaan lepas. 

Roket itu juga membawa penganalisa energi-massa sudut lebar pemantau debu yang akan memberikan pengukuran parameter ion di eksosfer bulan.

"Dari sudut pandang sains, tugas terpenting dan sederhananya, adalah mendarat di tempat yang belum pernah didarati orang lain," kata Maxim Litvak, kepala kelompok perencanaan peralatan ilmiah Luna-25. “Ada tanda-tanda es di tanah area pendaratan Luna-25, ini terlihat dari data dari orbit,” imbuhnya.

Misi tersebut juga memiliki peran geopolitik yang signifikan, menurut pengamat Rusia dan asing. 

"Studi tentang bulan bukanlah tujuannya," kata Vitaly Egorov, seorang analis luar angkasa populer Rusia. “Tujuannya adalah persaingan politik antara dua negara adidaya, China dan AS, dan sejumlah negara lain yang juga ingin mengklaim gelar adidaya antariksa.” 

Asif Siddiqi, seorang profesor sejarah di Universitas Fordham di Amerika Serikat, mengatakan penting bahwa Rusia mencoba pendaratan di bulan baru setelah beberapa dekade. "Yang terakhir adalah pada tahun 1976 jadi banyak yang menungganginya," katanya. 

"Aspirasi Rusia terhadap bulan tercampur dalam banyak hal berbeda. Saya pikir pertama dan terpenting, ini adalah ekspresi kekuatan nasional di panggung global," lanjutnya. 

Luna-25 berlomba untuk mencapai bulan sebelum pesawat ruang angkasa lain dari India, Chandrayaan-3. Kedua negara bertujuan untuk menjadi yang pertama mencapai selatan bulan sekitar 25 Agustus. 

Chandrayaan-3 akan menjalankan eksperimen selama dua minggu, sedangkan Luna-25 akan bekerja di bulan selama satu tahun Bumi. 

Menghidupkan kembali ambisi luar angkasa Rusia Uni Soviet adalah negara pertama yang mendarat di bulan pada tahun 1959. 

Sejak kejatuhan Uni Soviet tahun 1991, Rusia telah gagal mengirimkan roket di luar orbit Bumi. Moskow telah berjanji untuk terus menjelajahi ruang angkasa meskipun ada sanksi Barat, dan mengganti peralatan dari Badan Antariksa Eropa dengan instrumen buatan Rusia. "Elektronik asing lebih ringan, elektronik domestik lebih berat," kata Egorov. 

Peluncuran roket Rusia

Photo :
  • DW

"Sementara para ilmuwan mungkin memiliki tugas untuk mempelajari air bulan, tugas utama Roscosmos hanyalah mendarat di bulan untuk memulihkan keahlian Soviet yang hilang dan belajar bagaimana melakukan tugas ini di era baru," ujarnya. 

Luna-25 adalah bagian dari program Rusia yang lebih luas, yang bertujuan pembangunan stasiun luar angkasa di bulan pada tahun 2040. "Kami dibimbing oleh ambisi nenek moyang kami untuk bergerak maju, meskipun ada kesulitan dan meskipun ada upaya eksternal untuk mencegah kami bergerak," kata Presiden Rusia Vladimir Putin tahun lalu di Kosmodrom Vostochny, tempat misi diluncurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya