Hawaii Kini Mencekam Usai Kebakaran, Banyak Warga Merampok dan Menjarah

Api membakar kota bersejarah Lahaina di Hawaii, Amerika Serikat.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA Dunia – Hampir seminggu setelah Maui, Hawaii dilanda kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah, dan ketika penduduk terus menunggu kabar tentang orang yang mereka cintai yang hilang, serangkaian masalah baru muncul: penjarahan dan kelaparan. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Di tengah kekacauan, warga hanya dapat menggantungkan harapan pada perusahaan dan sukarelawan yang menyalurkan bantuan ke berbagai penjuru Maui, namun diberitakan bahwa bantuan tidak merata. 

Kebakaran hutan akibat badai di pulau itu telah menewaskan sedikitnya 36 orang, dan menghancurkan ratusan bangunan di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Photo :
  • AP Photo/Rick Bowner.
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Para penyintas yang putus asa merampok dan menjarah orang-orang, saat mereka menunggu makanan dan tempat berlindung setelah kebakaran. 

"Ada beberapa kehadiran polisi. Ada beberapa kehadiran militer kecil, tetapi pada malam hari orang-orang dirampok dengan todongan senjata," kata salah satu pemilik bar Lāhainā bernama The Dirty Monkey, Matt Robb, melansir Insider

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Robb menambahkan: "Orang-orang dirampok dan dijarah. Maksud saya, mereka akan menjarah melewati rumah-rumah. Saya tidak berpikir pemerintah kita dan para pemimpin kita, pada saat ini, tahu bagaimana menangani ini atau apa yang harus dilakukan."

Pencurian dan upaya perampasan bahkan kekerasan sangat menganggu penduduk setempat saat mereka bekerja untuk membangun kembali rumah dan kehidupan mereka setelah kebakaran hutan yang mematikan melanda seluruh lingkungan minggu lalu, menewaskan sedikitnya 96 orang dan menghancurkan landmark budaya Hawaii yang tak tergantikan. 

Kebakaran itu menelantarkan ratusan keluarga dan menjadi yang paling mematikan dalam sejarah AS modern, melampaui Kebakaran Kamp 2018 di California yang menewaskan 85 orang, kata para pejabat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya