Jokowi: Kekuatan Diplomatik Indonesia Meningkat Tajam di Dunia

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Bersama DPR dan DPD 2023
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan, momentum Presidensi Indonesia di G20, Keketuaan Indonesia di ASEAN telah meningkatkan kekuatan diplomatik Indonesia di dunia. Konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM Kemanusiaan dan Kesetaraan, serta Kesuksesan Indonesia Menghadapi krisis dunia 3 tahun terakhir ini juga telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia dan di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

"Indonesia dengan Pancasila-nya, dengan harmoni keberagamannya, dengan prinsip demokrasinya mampu menghadirkan ruang dialog, mampu menjadi titik temu dan menjembatani perbedaan- perbedaan yang ada," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2023 di Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

Lembaga think tank Australia, Lowy Institute, bahkan menyebut Indonesia sebagai kekuatan menengah di Asia dengan pengaruh diplomatik yang terus meningkat tajam, dan Indonesia termasuk 1 dari 6 negara Asia yang mengalami kenaikan kekuatan komprehensif. 

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi menegaskan, dengan international trust (kepercayaan internasional) yang tinggi. Kredibilitas Indonesia akan lebih diakui. 

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

“Kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi,” katanya.

“Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya