Mayat Korban Banjir Libya Sulit Dievakuasi dari Laut, Akan Membutuhkan Waktu Bertahun-Tahun

Penyelamatan korban banjir Libya
Sumber :
  • CNN International

VIVA Dunia – Pencarian korban hilang terus dilakukan di kota Derna, Libya, di mana jenazah masih terdampar di pantai atau membusuk di bawah reruntuhan, seminggu setelah Badai Daniel memicu banjir besar di timur negara itu. 

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

PBB mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Minggu bahwa jumlah korban tewas di Derna saja telah meningkat menjadi 11.300. 

Mengutip Bulan Sabit Merah Libya, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menambahkan bahwa 10.100 orang lainnya hilang di kota yang hancur tersebut.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Penyelamatan korban banjir Libya

Photo :
  • Sky News

“Angka-angka ini diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari dan minggu mendatang karena tim pencarian dan penyelamatan bekerja tanpa kenal lelah untuk menemukan korban selamat,” kata laporan OCHA, melansir Al Jazeera, Rabu, 20 September 2023. 

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Revisi jumlah korban tewas terjadi ketika bantuan internasional mulai mengalir masuk, dengan PBB dan negara-negara di Eropa dan Timur Tengah menawarkan bantuan kepada para penyintas, termasuk 40.000 orang yang terpaksa mengungsi setelah bencana tersebut. 

Bantuan tersebut meliputi obat-obatan penting, makanan, tenda, selimut dan perlengkapan kebersihan, serta alat berat untuk membantu membersihkan puing-puing dan kantong jenazah agar jenazah dapat dipindahkan.

Di pinggir laut Derna, di mana sebuah mobil yang rusak terlihat bertengger di atas beton pemecah badai dan kayu apung berserakan di kolam berlumpur, para penggali bekerja untuk membuka jalan bagi tim penyelamat dan sebuah helikopter memindai laut untuk mencari mayat

Kamal al-Siwi, pejabat yang bertanggung jawab atas identifikasi orang hilang, mengatakan lebih dari 450 jenazah telah ditemukan dalam tiga hari terakhir dari pantai, termasuk 10 jenazah dari bawah reruntuhan. 

"Pekerjaan ini sedang berlangsung dan sangat, sangat, sangat rumit,” katanya kepada kantor berita Reuters. “Operasi ini, menurut saya, membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun.”

Seminggu setelah bencana, harapan untuk menemukan korban yang selamat semakin meredup. Mohamed al-Bakkali yang berada di Derna mengatakan dia melihat tim penyelamat menemukan setidaknya 10 mayat di pantai. "Peluang untuk menemukan korban selamat sangat kecil. Sebaliknya, tim penyelamat menemukan lebih banyak jenazah daripada korban selamat,” katanya. 

Banjir dahsyat yang disebabkan oleh Badai Daniel diperburuk oleh buruknya infrastruktur di Libya, yang terjerumus ke dalam kekacauan setelah pemberontakan yang didukung NATO menggulingkan dan membunuh penguasa lama Muammar Gaddafi pada tahun 2011. 

Di Derna, yang diperkirakan memiliki populasi sedikitnya 120.000 jiwa, seluruh Distrik-distrik tersebut tersapu atau terkubur dalam lumpur coklat setelah dua bendungan di selatan kota tersebut jebol pada Minggu malam dua pekan lalu, sehingga mengakibatkan aliran air banjir ke dasar sungai yang biasanya kering.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan bantuan darurat yang cukup untuk menjangkau hampir 250.000 orang yang terkena dampak Badai Daniel di seluruh Libya timur, termasuk obat-obatan penting, perlengkapan operasi dan kantong jenazah untuk korban meninggal. 

Arab Saudi mengumumkan keberangkatan penerbangan pertolongan pertama ke Libya dan Rusia mengatakan penerbangan bantuan ketiga telah tiba dengan membawa rumah sakit darurat keliling.

Penyelamatan korban banjir Libya

Photo :
  • CNN International

Lebih dari 1.000 orang telah dikuburkan di kuburan massal, menurut PBB, dan hal ini memicu peringatan dari kelompok bantuan tentang risiko kontaminasi air atau menyebabkan tekanan mental pada keluarga orang yang meninggal. 

Namun, kepala Pusat Pengendalian Penyakit Nasional Libya, Hayder al-Sayah, mengatakan hanya ada sedikit risiko dari mayat kecuali mereka membawa penyakit. 

Dia mengatakan kasus diare yang tercatat juga telah meningkat menjadi 150 dari 55 pada hari Jumat karena orang-orang meminum air yang tercemar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya