PBB Tingkatkan Kewaspadaan Risiko Penyakit Pasca Banjir di Timur Laut Libya

Libya Diterpa Banjir Besar, Ribuan Orang Hilang
Sumber :
  • AP Photo

Rabat – Setelah bencana banjir yang merenggut lebih dari 11.000 nyawa di timur laut Libya, PBB telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya wabah penyakit, yang bisa menjadi krisis kedua yang menghancurkan.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Misi Dukungan PBB di Libya menyatakan keprihatinan mendalam atas kontaminasi sumber air dan kurangnya fasilitas sanitasi menyusul runtuhnya dua bendungan saat terjadi badai Daniel di Mediterania pada 11 September 2023 lalu.

Penyelamatan korban banjir Libya

Photo :
  • Sky News
Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

PBB mengatakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta pejabat lokal dan organisasi mitranya, bekerja untuk mencegah penyakit agar tidak menyebar dan menyebabkan kehancuran kedua.

Menggambarkan situasi di wilayah yang dilanda banjir, perwakilan WHO di Libya Ahmed Zouiten mengatakan, ini adalah bencana yang sangat besar.”

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Kota Derna paling terkena dampak badai ini, karena dinding air yang sangat besar membanjiri wilayah tersebut, menyebabkan banyak korban jiwa. Bencana ini telah merenggut nyawa sedikitnya 11.000 orang, dan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah.

Menanggapi krisis epidemi yang sedang berlangsung, sembilan badan PBB telah mengerahkan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia telah mengirimkan 25 ton pasokan medis untuk membantu upaya bantuan.

Banjir di Libya

Photo :
  • VOA News

Haider al-Saeih, kepala Pusat Pemberantasan Penyakit Libya, menyoroti peningkatan penyakit yang mengkhawatirkan, melaporkan bahwa setidaknya 150 orang, termasuk 55 anak-anak, menderita diare akibat konsumsi air yang terkontaminasi di Derna.

Di tengah kekhawatiran meningkatnya kerusuhan publik, ratusan pengunjuk rasa berkumpul di luar masjid al-Shabana di pusat Derna pada hari Senin untuk mengungkapkan rasa frustrasi mereka terhadap pihak berwenang.

Menuntut tindakan dan akuntabilitas, para pengunjuk rasa berkumpul di luar dan di atas masjid, di mana seorang perwakilan membacakan daftar tuntutan.

Hal ini termasuk seruan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap bencana tersebut, permohonan kepada PBB untuk mendirikan kantor khusus di Derna, upaya rekonstruksi yang mendesak, dan kompensasi bagi mereka yang terkena dampak bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya