7 Fakta Israel Gagal Hancurkan Terowongan Gaza

Keadaan Terowongan Hamas di Gaza
Sumber :
  • AP Photo

Gaza – Sebulan setelah pasukan Israel mengepung Kota Gaza dan memutusnya dari bagian selatan Jalur Gaza, tidak ada bukti serangan serius terhadap pusat tersebut.

Kronologi Komandan Hizbullah Tewas Terkena Serangan Udara Militer Israel

Pada hari Rabu, sekelompok reporter asing terpilih yang berbasis di Israel dibawa ke medan perang, yang digambarkan oleh para jurnalis sebagai “pinggiran Kota Gaza”. Hampir setiap bangunan hancur atau rusak berat akibat pemboman udara, tembakan artileri, atau serangan tank dan infanteri.

Video menunjukkan tank-tank Merkava berkumpul di sebuah perkemahan yang dikelilingi oleh tanggul berpasir yang tinggi, kemungkinan dibangun oleh buldoser tempur lapis baja yang secara rutin dikerahkan dengan unit-unit terdepan. Dinding pasir pertahanan ini kemungkinan akan menghalangi pejuang Hamas untuk melakukan serangan tabrak lari.

Kemah di Kampus, Mahasiswa Jepang Desak Rektor Putus Kerjasama dengan Israel

Bagi seorang analis, posisi dan postur kompi Brigade 401 tersebut menunjukkan lebih dari yang diinginkan oleh Israel. Ini mengindikasikan bahwa kemajuan akan berlangsung lambat, jalan demi jalan, bukan blok demi blok.

Ini juga menunjukkan bahwa pertempuran terberat di Kota Gaza, yaitu pertempuran bawah tanah, belum dimulai dengan sungguh-sungguh. Beberapa terowongan mungkin telah teridentifikasi dan dihancurkan saat pasukan bergerak maju, namun kemungkinan itu hanya sebagian kecil.

Sempat Dihentikan, AS Kirim Lagi Bantuan Militer ke Israel Senilai Rp 16 Triliun

Sebanyak 34 tentara Israel yang diakui telah terbunuh tampaknya dibunuh secara individu atau dalam kelompok kecil. Ketika perang terowongan dimulai, jumlah korban kemungkinan akan melonjak dalam kelompok yang lebih besar.

Untuk memasuki terowongan, pasukan Israel harus menggunakan praktik militer yang sudah berusia puluhan tahun dan sudah lama terlupakan untuk mengatasi tantangan pertempuran bawah tanah. Dikutip dari Al Jazeera, berikut sejumlah fakta jika Israel gagal menghancurkan terowongan Gaza.

1. Terowongan terlalu luas 

Terowongan Hamas di Gaza

Photo :
  • NBC News

Untuk mendapatkan posisi berperang di terowongan, Israel harus mengidentifikasi sebanyak mungkin pintu masuk. Dengan panjang sistem yang diyakini mencapai 500 km, jumlahnya mungkin mencapai puluhan ribu. Israel telah bersiap untuk mengatasi terowongan tersebut sejak serangan ke Gaza pada tahun 2014, menggunakan drone dan perangkat lunak canggih untuk pengawasan terus-menerus.

2. Sulit menemukan pintu masuk 

Meskipun mengidentifikasi pintu masuk penting, bahkan jika semua terowongan yang diketahui diserang, Hamas memiliki keunggulan dengan memiliki beberapa pintu masuk di setiap ujung terowongan.

3. Sulit berkomunikasi 

Begitu di dalam terowongan, unit khusus pasukan Israel harus mengandalkan telepon lapangan karena radio tidak dapat digunakan. Komunikasi menjadi lebih sulit dengan penggunaan kacamata penglihatan malam daripada lampu, dan gulungan kabel harus dibuka dan dihubungkan saat bergerak.

4. Penuh jebakan 

Terowongan mungkin dilengkapi jebakan dan alat peledak improvisasi, membuat perjalanan di dalamnya berbahaya. Hamas dapat memanfaatkan kabel-kabel yang mengalirkan listrik dan komunikasi untuk memicu perangkap, menciptakan risiko yang lebih besar bagi pasukan Israel.

5. Gagal memaksa Hamas keluar 

Tentara Israel memasuki terowongan pejuang Hamas Palestina di Gaza

Photo :
  • Time Magazine

Pertempuran di dalam terowongan dihindari oleh kedua belah pihak, dengan Israel lebih memilih berperang di permukaan. Upaya memaksa Hamas keluar dari terowongan dapat melibatkan penggunaan bahan kimia seperti gas air mata.

6. Sulit berperang di terowongan

Pertempuran di terowongan memerlukan peralatan dan pengetahuan khusus. Senjata biasa terlalu besar, sehingga pasukan Israel mungkin akan membawa senjata kaliber lebih kecil dengan peredam suara.

7. Sulit menghancurkan terowongan 

Hamas mungkin hanya ingin memblokir beberapa terowongan secara taktis daripada menghancurkan semuanya. Upaya penghancuran memerlukan rekayasa besar-besaran yang tidak praktis selama pertempuran. Melibatkan perang terowongan memunculkan tantangan yang kompleks dan sulit bagi pasukan Israel, dan hasilnya mungkin memakan waktu berbulan-bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya