Detik-detik Tank Israel Kepung RS Indonesia di Gaza

Konvoi tank Israel di perbatasan Gaza di Israel Selatan
Sumber :
  • AP Photo/Ohad Zwigenberg

Gaza – Tank-tank Israel dilaporkan mengepung Rumah Sakit Indonesia di Gaza, dan melakukan serangan bertubi-tubi, yang menewaskan 12 orang, pada Minggu malam, 19 November 2023.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Pada Senin pagi, rekaman video yang diverifikasi oleh BBC menunjukkan beberapa tank ditempatkan di jalan sekitar 240m (800 kaki) timur laut Rumah Sakit Indonesia.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, mengatakan bahwa puluhan kendaraan lapis baja Israel berada di daerah sekitar pusat kesehatan itu, dan penembak jitu berada di atap rumah, serta menghalangi ambulans untuk mencapai rumah sakit.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Tangkapan layar tank-tank Israel mengepung RS Indonesia di Gaza

Photo :
  • Al Arabiya

Kementerian Kesehatan mengatakan 12 orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika sebuah peluru Israel menghantam lantai dua fasilitas tersebut.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Dr Al-Sultan di RS Indonesia mengatakan kepada BBC bahwa dia mendengar suara tembakan di sekitar gedung semalaman, sebab pasukan Israel hanya berjarak sekitar 20m (66 kaki).

Seorang jurnalis Anas al-Sharif dari Al Jazeera juga sempat berjalan melewati rumah sakit setelah insiden tersebut dan melihat satu mayat tergeletak, serta kerusakan pada langit-langit dan peralatan di beberapa ruangan dan koridor RS.

Sharif melaporkan bahwa para korban menumpuk di lantai dan ada kepanikan yang luar biasa di kalangan pasien.

Rumah Sakit Indonesia Jadi Sasaran Serangan Israel

Photo :
  • MER-C

Sementara itu, militer Israel mengatakan pasukannya hanya menargetkan milisi Hamas, yang melepaskan tembakan ke arah mereka dari dalam rumah sakit.

Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengaku terkejut dengan tindakan brutal Israel di pusat kesehatan tersebut.

“Petugas kesehatan dan warga sipil seharusnya tidak pernah mengalami kengerian seperti itu, dan terutama saat berada di dalam rumah sakit,” tulis Tedros Adhanom Ghebreyesus di akun X, dikutip dari BBC Internasional, Selasa, 21 November 2023.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra menuduh Israel memperketat pengawasannya di sekitar rumah sakit di Gaza utara, dan  mengatakan bahwa 200 pasien telah dievakuasi dengan bus ke Rumah Sakit Nasser di Khan Younis.

Dia melanuutkan bahwa Komite Palang Merah Internasional (ICRC) membantu mengoordinasikan 400 pasien yang tersisa, yang akan dievakuasi.

Sebagai informasi, Rumah sakit secara khusus dilindungi berdasarkan hukum humaniter internasional. Setiap operasi militer di sekitar rumah sakit harus mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan pasien, staf medis, dan warga sipil lainnya yang berada di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya