Belum Kapok, Korea Utara Akan Kembali Luncurkan Satelit Mata-mata Setelah 2 Kali Gagal

Korea Utara menembakkan satelit dalam uji tahap akhir yang penting untuk pengembangan satelit mata-mata pertamanya.
Sumber :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

VIVA Dunia – Setelah upaya dua kali gagal, kini Korea Utara akan mencoba kembali meluncurkan satelit mata-mata mereka.

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu memberi tahu negara tetangga mereka, Jepang, bahwa mereka berencana meluncurkan roket yang membawa satelit militer ke arah Laut Kuning dan Laut Cina Timur, kata pemerintah Jepang pada hari Selasa. 

Upaya ketiga untuk mengirim satelit pengintai ke orbit, setelah dua upaya gagal di awal tahun, akan dilakukan antara 22 November dan 1 Desember. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Kim Jong-un menyaksikan uji coba rudal balistik Korea Utara

Photo :
  • ndtv.com

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan Jepang sedang mengoordinasikan responsnya dengan mitranya Korea Selatan dan Amerika Serikat, dan penggunaan teknologi rudal balistik apa pun merupakan pelanggaran terhadap resolusi PBB. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Korea Utara telah memberi tahu Jepang, sebagai otoritas koordinator Organisasi Maritim Internasional untuk perairan tersebut, sebanyak tiga kali. 

Kishida mengecam pengumuman tersebut dan mengatakan bahwa ia telah menginstruksikan lembaga-lembaga pemerintah "untuk melakukan upaya maksimal dalam mengumpulkan informasi dan memberikannya kepada masyarakat Jepang, menuntut pembatalan peluncuran tersebut bekerja sama dengan negara-negara terkait, dan melakukan upaya maksimal dalam mempersiapkan situasi yang tidak dapat diprediksi," melansir DW, Selasa, 21 November 2023. 

Korea Selatan menanggapi pengumuman tersebut dengan memperingatkan tetangganya di utara agar tidak melaksanakan rencana peluncuran itu. 

Mereka juga mengeluarkan peringatan layar. “Kami dengan tegas memperingatkan Korea Utara untuk segera menghentikan persiapan peluncuran satelit mata-mata militer,” kata Kang Ho-pil, kepala direktur operasi Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

“Jika Korea Utara tetap melanjutkan peluncuran satelit pengintaian militer meskipun sudah ada peringatan dari kami, militer kami akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjamin kehidupan dan keselamatan rakyat,” tambahnya.

Pengumuman tersebut juga bertepatan dengan kedatangan kapal induk AS Carl Vinson di pelabuhan Busan, Korea Selatan. Kapal itu dikirim untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman rudal dari Pyongyang.

Rencana satelit Korea Utara Peluncuran tersebut menyusul perjalanan langka pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Rusia pada bulan September. 

Korea Utara menembakkan satelit dalam uji tahap akhir yang penting untuk pengembangan satelit mata-mata pertamanya.

Photo :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

Dia mengunjungi pusat peluncuran ruang angkasa modern, di mana Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia akan membantu Pyongyang dalam membangun satelit. Korea Utara ingin menempatkan satelit mata-mata militer ke orbit, karena ingin memantau pergerakan pasukan AS dan Korea Selatan. 

Sejak Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklir pertamanya pada tahun 2006, Dewan Keamanan PBB mengadopsi beberapa resolusi yang menyerukan negara tersebut menghentikan program rudal nuklir dan balistik. 

Awal pekan ini, Korea Utara mengecam potensi penjualan ratusan rudal AS ke Jepang dan Korea Selatan, dengan mengatakan hal itu akan meningkatkan ketegangan di kawasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya