Presiden Ukraina Zelensky Ungkap Selamat Dalam 6 Kali Percobaan Pembunuhan

VIVA Militer; Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA Dunia – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengungkapkan bahwa dia telah selamat dari setidaknya 'lima atau enam' kali upaya pembunuhan, sejak Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu dan mengklaim Vladimir Putin sedang merencanakan perubahan rezim.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Presiden Ukraina yang tangguh dalam pertempuran itu juga menuduh Moskow 'menyalakan api' di seluruh dunia dan membawa planet ini ke ambang Perang Dunia Ketiga dengan perang tanpa hukum dan barbar di Eropa.

Dia menuduh Putin mendukung serangan terhadap Israel oleh Hamas, dengan alasan semakin menguatnya hubungan Rusia dengan Iran, yang mendukung kelompok teroris tersebut dan telah memasok drone kamikaze ke Moskow. 

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Photo :
  • AP Photo/Eduardo Munoz.

Zelensky mengklaim badan intelijen Ukraina telah berulang kali menggagalkan upaya untuk membunuhnya sejak invasi 24 Februari tahun lalu. Dia juga mengungkapkan bahwa Kremlin berencana untuk menggulingkannya sebelum akhir tahun ini dalam sebuah misi yang tampaknya dijuluki 'Maidan 3', merujuk pada revolusi Euromaidan tahun 2014 yang memicu aneksasi Krimea oleh Rusia dan menyebabkan pecahnya perang.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"(Upaya pembunuhan) pertama sangat menarik, pertama kali terjadi, dan setelah itu seperti Covid,” katanya kepada surat kabar The Sun, dilansir pada Selasa, 21 November 2023. 

"Pertama-tama orang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan benda itu dan itu terlihat sangat menakutkan. Dan setelah itu, hanya intelijen yang menyampaikan kepada Anda secara rinci bahwa satu kelompok lagi datang ke Ukraina untuk mencoba membukuh saya," ujar Zelensky 

"Ukraina saat ini berada di tengah risiko global Perang Dunia Ketiga. Dan saya benar-benar berpikir bahwa Rusia akan terus mendesak hingga Amerika Serikat dan Tiongkok bersama-sama memberi tahu mereka dengan sangat serius untuk keluar dari wilayah (kami,"

Hal ini diungkap Zelensky saat Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menjanjikan dukungan Amerika lebih lanjut untuk Ukraina dalam kunjungan mendadaknya ke Kyiv pada hari Senin untuk membendung kekhawatiran bahwa bantuan dari sekutu terbesarnya bisa goyah. 

AS telah memberikan lebih dari $40 miliar bantuan keamanan kepada Ukraina sejak invasi Rusia dan berjanji untuk mendukung Kyiv 'selama diperlukan' namun penentangan dari Partai Republik garis keras telah menimbulkan keraguan mengenai masa depan bantuan AS. 

VIVA Militer; Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • sputniknews.com

Austin mengumumkan "penarikan $100 juta lagi untuk menyediakan amunisi artileri tambahan, pencegat tambahan untuk pertahanan udara, dan sejumlah senjata anti-tank" selama konferensi pers di Lapangan St Michael di Kyiv. 

Di Washington, Departemen Luar Negeri mengatakan bantuan tersebut mencakup tiga juta butir amunisi senjata kecil dan peralatan untuk peluncur roket presisi HIMARS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya