Detik-detik Sebuah Mobil di Perbatasan AS-Kanada Alami Ledakan Hebat

Ilustrasi ledakan
Sumber :
  • ANTARA/Ardika/am.

Washington – Sebuah ledakan terjadi dari sebuah mobil di pos pemeriksaan AS-Kanada dekat Air Terjun Niagara, pada Rabu, 22 November 2023. Insiden itu menewaskan dua penumpangnya, dan membuat perbatasan itu ditutup sementara menjelang hari libur besar.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Gubernur New York Kathy Hochul mengkonfirmasi dua korban jiwa dalam ledakan di pos pemeriksaan 400 mil (640 kilometer) barat laut New York City dan mengatakan tidak ada indikasi serangan teroris.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa ini adalah aktivitas teroris,” kata Hochul, dikutip dari NDTV, Kamis, 23 November 2023.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Air terjun Niagara di New York membeku

Photo :
  • Instagram Lindsay Dedario

"(Itu adalah) insiden yang mengerikan, kecelakaan, ledakan, tapi saat ini tidak ada hubungannya dengan teroris."

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Meskipun identitas kedua korban belum dipublikasikan, dia menduga kendaraan mereka mungkin berasal dari New York bagian barat.

Saksi mata menggambarkan bahwa mereka melihat sebuah mobil melaju dengan kecepatan tinggi sebelum menabrak pembatas pos pemeriksaan dan meledak kemudian terbakar.

Ledakan diketahui terjadi di persimpangan utama Jembatan Pelangi dekat Air Terjun Niagara dan tidak ada sisa kendaraan yang menurut Hochul terbakar kecuali mesinnya.

Pihak berwenang di kedua sisi perbatasan juga mengaktifkan tanggap darurat, dan akses jalan menuju penyeberangan dipenuhi pekerja layanan darurat.

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden telah diberi pengarahan dan mengikuti perkembangannya dengan cermat.

Selain itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada parlemen bahwa ini jelas merupakan situasi yang sangat serius. 

"Kami telah melihat mobil ini turun menuju perbatasan dan dia terbang, lebih dari 100 mil per jam,” kata seorang saksi Mike Guenther, seorang warga Kanada yang ingin mengunjungi Amerika Serikat

"Mobil kemudian berbelok dan menabrak pagar, kemudian terbang ke udara," ujarnya.

"Dia terbang ke udara dan kami hanya melihat bola api dan hanya itu yang bisa kami lihat. Bola itu tertutup asap di mana-mana."

Perbatasan Amerika Serikat dan Kanada Ditutup.

Photo :
  • CNN

Insiden itu terjadi menjelang liburan Thanksgiving, salah satu hari tersibuk di kedua negara.

Sebagai informasi, Jembatan Pelangi, salah satu penyeberangan tersibuk antara Kanada dan Amerika Serikat, memiliki 16 jalur kendaraan dan biasanya buka sepanjang waktu. Hochul mengatakan puing-puing tersebar di 14 jalur setelah ledakan terjadi.

"Tiga penyeberangan perbatasan lainnya telah ditutup setelah insiden tersebut, namun kemudian dibuka kembali," kata Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Di sisi AS, Taman Air Terjun Niagara, yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya, ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut menurut dinas taman.

Menteri Keamanan Publik Kanada Dominic LeBlanc mengatakan bahwa setiap saat, infrastruktur seperti penyeberangan perbatasan menghadapi situasi kekerasan seperti ini.

"Hal ini menjadi sumber kekhawatiran bagi pihak berwenang AS dan Kanada."

Kantor Trudeau mengatakan dia telah diberi pengarahan dan berhubungan dengan penegak hukum AS.

"Beberapa lembaga Kanada juga mendukung penyelidikan ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya