Takut Stabilitas Negara Terganggu, Finlandia Tutup Seluruh Perbatasan Dengan Rusia

Para migran mengantre keluar perbatasan Rusia.
Sumber :
  • AP Photo.

Helsinki – Finlandia mengatakan pada Selasa, 28 November 2023, bahwa mereka akan menutup perbatasan terakhirnya dengan Rusia di tengah kekhawatiran bahwa Moskow menggunakan para migran sebagai bagian dari perang hibrida.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Hal itu bertujuan untuk mengganggu stabilitas negara Nordik tersebut setelah masuk ke dalam NATO.

Finlandia telah menutup tujuh dari delapan pos pemeriksaan di perbatasannya dengan Rusia sepanjang 1.340 kilometer bulan ini menyusul lonjakan kedatangan migran dari Timur Tengah dan Afrika.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

VIVA Militer: Seorang pria Rusia melewati perbatasan

Photo :
  • independent.ie

Helsinki juga menuduh Moskow membawa mereka menuju perbatasan melalui hutan lebat di selatan hingga lanskap Arktik yang terjal di utara. “Pemerintah telah memutuskan untuk menutup semua titik persimpangan di seluruh perbatasan timur,” kata Perdana Menteri Petteri Orpo kepada wartawan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dia menambahkan bahwa Finlandia menghadapi situasi luar biasa, dan menyalahkan Moskow sebagai dalangnya.

“Finlandia punya alasan kuat untuk mencurigai masuknya (migran), yang diatur oleh negara asing. Ini berkaitan dengan operasi pengaruh Rusia dan kami tidak akan menerimanya,” tambahnya, dikutip dari AP, Rabu, 29 November 2023.

“Kami tidak menerima upaya apa pun untuk melemahkan keamanan nasional kami. Rusia telah menyebabkan situasi ini, dan (kami) dapat menghentikannya.”

Penutupan berlangsung selama 2 minggu

Bendera Uni Eropa dan Finlandia berkibar di luar Kedutaan Besar Finlandia di Moskow, Rusia.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Maxim Shemetov/as/am.

Penutupan total yang diumumkan pada Selasa, akan berlangsung setidaknya selama dua minggu, setelah itu satu titik penyeberangan dapat dibuka kembali, kata pemerintah Finlandia.

Situasi saat ini membuat para migran yang datang dari Rusia hanya dapat meminta suaka setelah tiba di bandara atau pelabuhan Finlandia. Namun, saat ini tidak ada lalu lintas kapal udara atau penumpang antara Rusia dan Finlandia, sehingga opsi tersebut tidak ada.

Kremlin telah membantah mendorong migran untuk memasuki Finlandia dan menyesalkan penutupan perbatasan Finlandia. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, pekan lalu berpendapat bahwa Finlandia seharusnya mencoba menemukan solusi yang dapat diterima bersama.

Sementara itu, pihak berwenang Finlandia mengatakan sekitar 1.000 migran tanpa visa atau dokumen yang sah telah tiba sejak Agustus di perbatasan yang biasanya dikontrol ketat, yang merupakan bagian penting dari sisi timur laut NATO dan bertindak sebagai perbatasan eksternal Uni Eropa di utara.

Dari jumlah tersebut, sekitar 900 orang datang ke perbatasan Finlandia dengan Rusia pada bulan ini, yang merupakan peningkatan yang tidak biasa bagi negara dengan berpenduduk 5,6 juta jiwa.

Para pencari suaka tersebut berasal dari negara-negara seperti Eritrea, Ethiopia, Irak, Pakistan, Somalia, Suriah dan Yaman. Sebagian besar adalah laki-laki muda berusia 20-an dan 30-an, tetapi beberapa di antaranya adalah keluarga utuh, menurut data dan foto penjaga perbatasan.

Banyak dari mereka yang mengenakan sepatu kets dan perlengkapan outdoor ringan. Hampir semuanya tiba di zona perbatasan dengan sepeda.

Gubernur wilayah Murmansk utara Rusia pekan lalu mengatakan setidaknya ada 400 orang yang menunggu untuk memasuki Finlandia melalui perbatasan sisi Rusia dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat karena Helsinki menutup titik penyeberangannya sedikit demi sedikit.

Orpo mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa Rusia membawa orang-orang ke perbatasan dalam kondisi musim dingin yang ekstrim. "Finlandia bertekad untuk mengakhiri fenomena ini.”

Dua tahun lalu, Uni Eropa juga menuduh Belarus menggunakan migran yang mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa sebagai pion untuk mengganggu stabilitas demokrasi Barat. Para pemimpin Eropa menyebutnya sebagai bentuk perang hibrida, yang dilakukan Moskow, bersamaan dengan disinformasi, campur tangan pemilu, dan serangan dunia maya.

Menteri Luar Negeri Finlandia, Elina Valtonen, menggunakan istilah yang sama dalam wawancara 22 November dengan The Associated Press. Dia mengatakan tidak ada keraguan bahwa Rusia memanfaatkan migran sebagai bagian dari perang hibrida.

Perbatasan Rusia dengan Finlandia.

Photo :
  • Alexander Demianchuk/TASS.

Sebelum bergabung dengan NATO tahun ini, sebuah keputusan yang dipicu oleh invasi Moskow ke Ukraina, para pejabat Finlandia memperingatkan bahwa Rusia dapat mencari cara untuk mengacaukan stabilitas negaranya sebagai pembalasan.

Hal ini termasuk serangan dunia maya dan mengirim migran ke perbatasannya, sesuatu yang terjadi di Finlandia selama musim dingin tahun 2018.

“Kami memiliki bukti yang menunjukkan bahwa, tidak seperti sebelumnya, tidak hanya otoritas perbatasan Rusia yang membiarkan orang-orang tanpa dokumentasi yang tepat memasuki perbatasan Finlandia, namun mereka (Rusia) juga secara aktif membantu mereka (migran) memasuki zona perbatasan,” ucap Valtonen.

Beberapa analis politik Barat meyakini motif Rusia adalah menciptakan kekacauan di perbatasan luar Uni Eropa.

Selama berpuluh-puluh tahun, otoritas perbatasan Finlandia dan Rusia memastikan bahwa hanya orang-orang dengan dokumen yang sesuai yang bisa menyeberang ke kedua arah.

Namun, baru-baru ini, para pejabat Finlandia mencatat adanya perubahan dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh penjaga Rusia, yang biasanya tidak mengizinkan orang asing masuk dalam radius beberapa kilometer (mil).

Menteri Dalam Negeri Mari Rantanen mengatakan perlintasan perbatasan terakhir untuk lalu lintas kendaraan yang masih dibuka, Raja-Jooseppi di utara Arktik Finlandia, akan ditutup pada Rabu tengah malam dan tetap ditutup hingga 13 Desember.

Selain itu, perlintasan kereta api antara kedua negara tetap dibuka tetapi hanya untuk kargo lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya