Ayah Ini Tega Bunuh Putrinya Hanya Karena Foto Berpelukan dengan Seorang Pria

Ilustrasi pembunuhan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Seorang ayah tega membunuh dengan menembak putrinya sendiri setelah melihat foto-foto yang menunjukkan putrinya tengah memeluk seorang pria, di media sosial. 

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Kejadian nahas ini terjadi di provinsi Khyber Pakhtunkhwa di barat laut Pakistan

Mukhtar Ahmed Tanoli, petugas polisi distrik Kohistan, mengatakan bahwa polisi telah menangkap ayah gadis bernama Arsala itu, “atas tuduhan membunuh putrinya sendiri”.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ilustrasi pembunuhan.

Photo :
  • Istimewa.

Mereka juga menangkap saudara laki-laki ayah dan dua sepupunya, yang dituduh merencanakan pembunuhan bersama Arsala. 

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Polisi diberitahu tentang kejadian tersebut pada tanggal 24 November, dan mengambil jenazah gadis tersebut dari rumahnya di distrik Kolai-Palas di Kohistan, sebuah wilayah terpencil 350 km melalui jalan darat dari ibu kota Islamabad, melansir Al Jazeera, Jumat, 1 Desember 2023. 

Menurut laporan polisi, foto-foto yang beredar di Facebook awal pekan lalu menunjukkan seorang gadis dengan seorang anak laki-laki, keduanya dari Kohistan, saling berpelukan

Kohistan adalah wilayah terpencil dan sangat konservatif di mana tradisi lokal sering kali ditegakkan melalui dewan suku yang dikenal sebagai “jirga” yang dikenal sering menjatuhkan hukuman mati terhadap perempuan karena “pelanggaran” terhadap penafsiran tradisi yang ekstrem. 

Pada tahun 2012, sebuah video memperlihatkan lima wanita bertepuk tangan saat dua pria menari dalam upacara pernikahan. Dewan suku setempat dipanggil dan memerintahkan pembunuhan terhadap mereka yang terlibat dalam video tersebut.

Setidaknya tiga wanita dalam video itu tewas. Enam pria divonis bersalah dan dijatuhi hukuman seumur hidup, tetapi pada tahun 2019, lima di antaranya dibebaskan di tingkat banding.

Namun, Tanoli mengatakan pembunuhan pekan lalu berbeda. “Kami tidak dapat mengklaim bahwa hal ini disebabkan oleh jirga yang mungkin memerintahkan pembunuhan tersebut. Bukan itu yang terjadi di sini," katanya.

Dia menambahkan bahwa polisi yakin foto-foto viral tersebut telah diubah secara digital, menggunakan gambar pasangan lain dan bahwa polisi telah meminta bantuan dari pejabat kejahatan dunia maya di Badan Investigasi Federal Pakistan untuk melacak orang-orang di balik perubahan gambar tersebut. 

Nausher Khan, ayah dari anak laki-laki berusia 17 tahun yang fotonya bersama gadis yang terbunuh itu dibagikan secara online, mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya dewan suku yang memerintahkan pembunuhan tersebut, namun dia mengkhawatirkan putra dan keluarganya. 

Bendera Pakistan.

Photo :
  • Antara FOTO.

“Polisi kini telah menangkap ayah gadis itu dan paman serta sepupunya, tapi saya khawatir keluarga gadis itu ingin membalas dendam dengan membunuh anak laki-laki saya,” kata Khan. “Saya telah menyuruhnya pergi agar dia bisa bersembunyi, tetapi sekarang saya mengkhawatirkan istri dan lima anak saya yang lain.” 

Organisasi hak asasi manusia di Pakistan telah meningkatkan kewaspadaan terhadap maraknya pembunuhan terhadap perempuan di negara tersebut, dengan data menunjukkan lebih dari 5.000 perempuan terbunuh sejak tahun 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya