Gencatan Senjata Sementara Berakhir, Militer Israel Langsung Bombardir Palestina

VIVA Militer: Bendera Palestina di tengah puing bangunan kota Gaza
Sumber :
  • washingtoninstitute.org

VIVA – Kesepakatan gencatan senjata sementara yang berlangsung tujuh hari telah berakhir tanpa ada kabar dari mediator Qatar mengenai perpanjangannya. Israel pun melanjutkan pertempuran di Gaza pada Jumat pagi 1 Desember 2023, beberapa menit setelah gencatan senjata berakhir.

Biden Sebut Gencatan Senjata Terwujud Jika Sandera Israel Dibebaskan, Begini Respons Hamas

Sebanyak 83 warga Israel, termasuk warga berkewarganegaraan ganda, dibebaskan selama gencatan senjata, sebagian besar dari mereka tampak sehat secara fisik namun terguncang. 

VIVA Militer: Tentara Israel menduduki Tepi Barat, Palestina

Photo :
  • nbcnews.com
Dubes Israel Robek Piagam PBB Pakai Mesin Penghancur Kertas saat Pidato

24 sandera lainnya, 23 warga Thailand dan satu warga Filipina juga telah dibebaskan, termasuk beberapa pria. Israel mengatakan sekitar 125 pria masih disandera. 

Sebanyak 240 warga Palestina yang dibebaskan sejauh ini berdasarkan gencatan senjata sebagian besar adalah remaja yang dituduh melemparkan batu dan bom api selama konfrontasi dengan pasukan Israel.

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Kesepakatan itu berakhir setelah seminggu dan beberapa kali perpanjangan, meskipun ada tekanan internasional agar gencatan senjata ditegakkan selama mungkin. 

Pemboman Israel selama berminggu-minggu dan perang darat telah menyebabkan lebih dari tiga perempat penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa mengungsi, yang menyebabkan krisis kemanusiaan.

Lebih dari 13.300 warga Palestina telah terbunuh, sekitar dua pertiga dari mereka adalah perempuan dan anak di bawah umur menurut Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan. 

Sementara sekitar 1.200 warga Israel telah terbunuh, sebagian besar selama serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel yang memicu perang.

Israel serang jalur Gaza

Warga Gaza mengunjungi rumah mereka yang hancur dibombardir Israel

Photo :
  • AP Photo/Hatem Ali

Pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan serangan udara di berbagai wilayah Jalur Gaza setelah gencatan senjata sementara berakhir pada Jumat, kata Kementerian Dalam Negeri di wilayah yang dikuasai Hamas.

Serangan udara menghantam Gaza selatan, termasuk komunitas Abassan di timur kota Khan Younis, kata kementerian itu. Serangan lain terjadi di sebuah rumah di barat laut Kota Gaza. Tayangan langsung dari Jalur Gaza menunjukkan asap hitam mengepul dari wilayah tersebut.

Militer Israel mengatakan mereka telah melanjutkan operasi tempur di Gaza beberapa menit setelah gencatan senjata sementara dengan Hamas berakhir pada pukul 7 pagi pada hari Jumat. Israel menuduh Hamas melanggar gencatan senjata.

Penghentian pertempuran dimulai pada 24 November 2023. Awalnya berlangsung selama empat hari, dan kemudian diperpanjang selama beberapa hari dengan bantuan Qatar dan Mesir sebagai mediator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya