Masjid Kuno Abad 13 di Jalur Gaza Hancur Dibom Israel

Masjid di Gaza hancur akibat serangan Israel.
Sumber :
  • Twitter

Gaza Masjid kuno Otsman bin Qashqar di Gaza, pada Kamis, 7 Desember 2023, dibom oleh pesawat tempur Israel, dan menyebabkan korban jiwa serta kerusakan pada rumah-rumah di sekitarnya.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Masjid ini dibangun pada tahun 620 Hijriah (1220 M), dan meskipun luasnya kecil, namun merupakan salah satu masjid dan situs arkeologi tertua di Jalur Gaza.

"(Masjid) ini terletak di lingkungan al-Zaytoun, sebelah timur Kota Gaza, dan berdekatan dengan Masjid Agung Al-Omari, yang juga dihancurkan oleh pesawat tempur pendudukan selama agresi ini," menurut media resmi pemerintah Palestina, WAFA, Jumat, 8 Desember 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Masjid di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Photo :
  • Anadolu Agency.

Sejak dimulainya agresi di Jalur Gaza, pada 7 Oktober 2023, pesawat-pesawat tempur pendudukan Israel telah menghancurkan puluhan situs arkeologi dan rumah-rumah kuno, yang disengaja untuk menargetkan warisan budaya Palestina.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Menurut Kementerian Kebudayaan, pesawat tempur Israel mengebom delapan museum, termasuk Museum Rafah, Museum Al-Qarara, dan Museum Khan Yunis.

Mereka juga menghancurkan sebagian besar Kota Tua Kota Gaza, termasuk puluhan bangunan bersejarah.

Sembilan penerbit dan perpustakaan juga hancur, selain kehancuran total atau sebagian dari sedikitnya 21 pusat kebudayaan.

Sebagian besar wilayah kota tua Kota Gaza hancur, termasuk 20 bangunan bersejarah, seperti gereja, masjid, museum, dan situs arkeologi. Tiga studio dan perusahaan produksi media dan seni juga rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya