Israel Tegaskan Akan Lanjutkan Perang di Gaza Meski Tanpa Dukungan Internasional

Tentara Israel di perbatasan Gaza.
Sumber :
  • AP Photo/Tsafrir Abayov.

Yerusalem – Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, mengatakan pihaknya akan melanjutkan perang di Gaza “dengan atau tanpa dukungan internasional”.

Agnez Mo Dikecam Minum Kopi yang Lagi Diboikot, CEO Starbucks: Saya Tidak Kasihan pada Selebriti

Melansir BBC, Kamis 14 Desember 2023, Eli Cohen memperingatkan bahwa gencatan senjata pada tahap konflik saat ini akan menjadi “hadiah” bagi Hamas dan memungkinkan mereka kembali bangkit di Gaza.

Israel menghadapi tekanan yang meningkat atas jumlah warga sipil Palestina yang dibunuh oleh militernya di Gaza, dan memburuknya krisis kemanusiaan di sana.

CEO Starbucks Curhat Karyawannya Tertekan, Selalu Ditanya: Kenapa Kerja di Perusahaan Zionis?

Masjid di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Photo :
  • Anadolu Agency.

Pada Selasa, 12 Desember 2023, Majelis Umum PBB secara mayoritas menyetujui resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera. Resolusi tidak mengikat tersebut, yang diajukan oleh Mesir dengan dukungan hampir 100 negara, disahkan dengan 153 suara mendukung.

Menlu Retno Yakin Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Sepuluh negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Israel dan Austria, memberikan suara menentang resolusi tersebut, sementara 23 negara termasuk Inggris, Jerman, Italia dan Ukraina abstain dalam pemungutan suara.

Sementara itu dalam komentarnya yang paling keras, Presiden AS, Joe Biden, mengatakan Israel kehilangan dukungan di seluruh dunia karena “pengeboman tanpa pandang bulu” di Gaza.

“Keamanan Israel bisa saja bergantung pada Amerika Serikat, namun saat ini Israel memiliki (dukungan) lebih dari Amerika Serikat. Israel memiliki Uni Eropa, memiliki Eropa, dan memiliki sebagian besar wilayah di dunia. Tetapi mereka mulai kehilangan dukungan karena pemboman tanpa pandang bulu yang terjadi,” katanya, dikutip dari BBC Internasional, Rabu, 13 Desember 2023.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • independent.co.uk

Pertempuran sengit berlanjut di bagian utara dan selatan Gaza pada hari Rabu, sementara hujan lebat memperburuk kondisi ratusan ribu pengungsi yang tinggal di tenda-tenda darurat atau di tempat terbuka.

Seorang pejabat senior bantuan PBB juga memperingatkan bahwa wilayah Palestina menghadapi “bencana kesehatan masyarakat,” karena runtuhnya sistem medis dan penyebaran penyakit menular di tempat penampungan yang penuh sesak.

Perang di Gaza dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sedikitnya 1.200 orang – termasuk banyak wanita dan anak-anak – dan sekitar 240 orang disandera.

Sejak itu, lebih dari 18.600 orang telah terbunuh di Gaza, sekitar 70 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya