Paus Fransiskus Tak Mau Dimakamkan di Vatikan, Pilih di Sini

Paus Fransiskus
Sumber :

VIVA Dunia – Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus baru saja mengumumkan bahwa dirinya tidak ingin dimakamkan di Vatikan seperti Paus-Paus pendahulunya, melainkan ingin dimakamkan di Basilika St. Mary Major Roma, sehingga dia bisa berada di dekat “ikon pop favoritnya”, Madonna.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

“Ini adalah pengabdian saya yang luar biasa,” kata Paus Fransiskus, sambil menambahkan bahwa dia telah memutuskan ingin dimakamkan di dekat Basilika. “Tempatnya sudah disiapkan.”

Paus Fransiskus, yang akan berusia 87 tahun pada hari Minggu pekan ini, juga mengatakan dia tidak pernah berpikir untuk mengundurkan diri tahun ini meskipun ada serangkaian masalah kesehatan yang baru-baru ini menimpa dirinya. Dia mengatakan dia telah mengkonfirmasi perjalanan ke Belgia tahun depan dan sedang mempertimbangkan kunjungan ke Polinesia dan negara asalnya, Argentina.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

“Memang benar bahwa semua perjalanan kini dipikirkan kembali,” kata Paus Fransiskus kepada N+ dari stasiun televisi Meksiko Televisa. “Jika jaraknya dekat, itu bisa dilakukan. Jika jaraknya lebih jauh, maka perjalanan itu akan dipikirkan kembali. Ada batasannya,” lanjut Paus tersebut.

Ini adalah wawancara pertama Paus Fransiskus sejak penyakit bronkitis akut yang dideritanya, yang memaksa pembatalan perjalanan bulan ini ke Dubai untuk berpartisipasi dalam konferensi iklim PBB. Fransiskus, yang salah satu paru-parunya diangkat saat masih muda, tampak dalam kondisi baik dan mengatakan dia sekarang sudah pulih dan merasa baik-baik saja.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Meski tugas Paus adalah seumur hidup, Paus Fransiskus menegaskan kembali kemungkinan pengunduran dirinya dan mengatakan dia harus bersiap menghadapi segala kemungkinan. “Saya meminta Tuhan untuk mengatakan cukup, pada titik tertentu. Tetapi ketika Dia masih menginginkan, saya akan melakukannya,” katanya.

Paus Fransiskus telah mengatakan jika dia pensiun, seperti yang dilakukan Paus Benediktus XVI pada tahun 2013, dia ingin tinggal di luar Vatikan di suatu tempat di Roma di kediaman para pensiunan imam. Paus Fransiskus telah lama menekankan perannya sebagai uskup Roma dan memiliki devosi khusus pada ikon Perawan Maria yang dipajang di basilika St. Mary Major dekat stasiun kereta utama Roma.

Misalnya, setelah setiap perjalanan, Paus Fransiskus pergi ke basilika untuk berdoa di hadapan Salus populi Romani (Keselamatan umat Roma), sebuah lukisan bergaya Bizantium yang menampilkan gambar Maria, mengenakan jubah biru, menggendong bayi Yesus, yang pada gilirannya memegang buku emas berhiaskan permata.

Francis menderita dua kali serangan bronkitis tahun ini dan dirawat di rumah sakit selama sembilan hari pada bulan Juni untuk memperbaiki hernia perut dan menghilangkan jaringan parut usus. Dia telah menggunakan kursi roda dan tongkat selama lebih dari setahun karena ligamen lututnya tegang.

Banyak paus yang dimakamkan di makam di gua-gua di bawah Basilika Santo Petrus Vatikan atau di kapel samping Basilika itu sendiri, termasuk banyak pendahulu Paus Fransiskus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya