Turki Kecam Aksi Tentara Israel Lecehkan Masjid di Jenin Tepi Barat

Tentara Israel bernyanyi dan berdoa melalui mikrofon di sebuah masjid di Jenin di Tepi Barat.
Sumber :
  • BBC Internasional.

VIVA – Turki dengan tegas mengutuk "provokasi" yang dilakukan oleh pasukan Israel selama serangan di sebuah kamp pengungsi di kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki, serta penodaan sebuah masjid di lokasi tersebut, demikian disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Turki. Kementerian Luar Negeri Turki juga mendesak agar para pelaku bertanggung jawab dihukum.

Turki dan Afrika Selatan Kerjasama Menuntut Tanggung Jawab Israel atas Kasus Genosida di Palestina

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki Oncu Keceli

Photo :
  • Anadolu

Selama penggerebekan tersebut, pasukan Israel membunuh seorang pemuda di dalam sebuah rumah sakit dan membacakan doa Yahudi di sebuah masjid di Jenin. 

KFC hingga Starbucks Kesulitan Tangani Dampak Boikot, Laba Anjlok

Menurut pihak berwenang Palestina, insiden tersebut menewaskan 12 orang, sementara Israel mengklaim bahwa tindakan mereka membantu menangkap puluhan militan.

“Kami mengutuk keras provokasi tentara Israel yang menyerbu Kamp Pengungsi Jenin, dan tidak menghormati kesucian tempat ibadah dengan memasuki masjid,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki Oncu Keceli di platform media sosial X pada Kamis, 14 Desember 2023 malam.

Hamas Sambut Baik Keputusan Kolombia Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

“Di Yerusalem Timur dan Tepi Barat, di mana ketegangan meningkat sangat tinggi akibat teror pemukim dan tekanan berat serta serangan yang dilakukan oleh pasukan keamanan Israel terhadap warga Palestina, kami memperkirakan serangan terhadap tempat-tempat suci umat Islam akan segera diakhiri dan mereka yang melakukan provokasi ini harus diberi hukuman terberat,” tambahnya.

Pemerintah Palestina mengomentari operasi di Jenin sebagai "sikap provokatif yang berbahaya" dan menyatakan dalam pernyataannya bahwa penodaan masjid oleh beberapa tentara Israel telah memicu ketegangan agama. Sementara itu, Tentara Israel menyatakan akan memberikan sanksi kepada personelnya.

VIVA Militer: Tentara Israel bernyanyi di dalam masjid di Jenin, Tepi Barat

Photo :
  • Instagram/@eye.on.palestine

Turki, yang mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung bertahun-tahun, mengutuk keras serangan Israel di Gaza dan Tepi Barat. 

Turki menyatakan bahwa pemukim Israel di wilayah tersebut dianggap sebagai "teroris". Selain itu, Turki menyerukan gencatan senjata segera dan mengutuk dukungan Barat terhadap Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya