Termasuk Indonesia, Ini 3 Negara yang Jadi Tempat Penampungan Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

Jakarta – Perahu yang membawa para pengungsi etnis Rohingya, yang termasuk perempuan dan anak-anak sudah sampai di Provinsi Aceh, Indonesia. Para pengungsi tersebut tiba di Aceh dan langsung ke kamp Pramuka di Kabupaten Pidie. 

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Akan tetapi, warga langsung memblokir pintu masuk dan melarang mereka untuk masuk ke Aceh. Pihak berwenang mengawal para pengungsi ke pusat konvensi yang dikelola Kemensos. Namun sayang, penduduk setempat tidak memperbolehkan mereka untuk tinggal. 

Melansir dari Associated Press, para pengungsi akhirnya dibawa kembali ke kantor gubernur. Mereka kemudian ditampung di kompleks gedung pertemuan Kota Banda Aceh. Sampai saat ini, lebih dari 1.500 pengungsi Rohingya yang ada di Aceh. 

Chery Indonesia Buka Suara soal Omoda 5 Patah As Roda di Malaysia

Mereka datang ke beberapa negara muslim lantaran memiliki permasalahan di negaranya yaitu Myanmar. Negara itu tidak mau mengakui orang Rohingya yang akhirnya memutuskan mengungsi ke beberapa negara. Nah, berikut negara penampung Rohingya. 

1. Indonesia

Pendeta Brian Siawarta Bersyukur Jadi Minoritas di Indonesia, Kenapa?

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan bahwa Indonesia hanya akan memberikan perlindungan sementara untuk pengungsi Rohingya sebab negara tersebut menganut prinsip kemanusiaan dalam konstitusi. 

Menurut Konvensi Pengungsi tahun 1951, hanya negara dalam konvensi yang wajib melindungi pengungsi menurut kewajiban. Indonesia sendiri tak meratifikasi konvensi tersebut, jadi Indonesia berhak menolak tempat pengungsi menurut hukum internasional. 

Pengungsi Rohingya di Kuala Lumpur, Malaysia.

Photo :
  • Channel News Asia

Menurut catatan UNHCR, pengungsi Rohingya yang berada di Malaysia sekitar 107.030 orang sampai akhir Oktober 2023. Sama seperti Indonesia, Malaysia tak memiliki kewajiban untuk menerima pengungsi. Namun, Malaysia telah menerima pengungsi sejak 2013. 

Negara ini juga menjadi salah satu tujuan negara pengungsi Rohingya karena Malaysia memiliki sejarah yang panjang dalam menerima berbagai pengungsi dari sejumlah negara yang mengalami konflik. 

Pengungsi etnis Rohingya dari Rakhine Myanmar melarikan diri ke Bangladesh

Photo :
  • VIVA.co.id/SOS ACT Dok

Para pengungsi ini meninggalkan Myanmar yang mayoritas beragama Buddha ke kamp Bangladesh sejak Agustus 2017. Diketahui, kondisi keamanan Cox’s Bazar banyak terjadi penculikan, pemerasan, pembunuhan, penembakan, dan serangan. 

Para pengungsi juga mendapatkan batasan dalam mengakses pekerjaan dan pendidikan. Mereka tak diizinkan untuk bekerja atau bersekolah yang layak karena pihak pemerintah Bangladesh tak mengizinkan mereka berinteraksi dengan masyarakat umum. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya