Biden Terancam Kalah Pemilu, Mayoritas Anak Muda AS Muak Cara Tangani Perang di Gaza

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • Dok Joe Biden

WashingtonAnak muda Amerika Serikat (AS) adalah suara penting yang mendukung Presiden Joe Biden untuk menjabat sebagai presiden. Namun, sebuah jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa begitu banyak orang yang merasa muak dengan cara Biden menangani perang Israel-Hamas, sehingga mereka siap untuk memilih kembali mantan Presiden Donald Trump.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Menurut jajak pendapat New York Times/Siena College yang dirilis pada hari Selasa, 19 Desember 2023, 72 persen pemilih terdaftar berusia 18-29 tahun tidak menyetujui cara Biden menangani konflik tersebut.

Yang lebih memprihatinkan bagi Gedung Putih, jika pemilu diadakan hari ini, Trump akan unggul 6 poin atas Biden di antara pemilih terdaftar dalam demografi tersebut.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • independent.co.uk

Padahal, sebelumnya pada bulan Juli, jajak pendapat serupa menunjukkan Biden memimpin kelompok tersebut dengan selisih 10 poin.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Sebagai perbandingan, exit poll tahun 2020 menunjukkan Biden memenangkan grup tersebut dengan selisih 21 poin persentase.

Exit poll (jajak pendapat) tidak sempurna, mengatakan bahwa kehilangan dukungan besar di kalangan pemilih muda dapat menghancurkan upaya Biden untuk terpilih kembali.

Namun, seperti kelompok usia lainnya, para pemilih muda mengatakan bahwa ekonomi dan inflasi adalah dua masalah terpenting yang dihadapi negara ini.

Jika pemilu diadakan hari ini, jajak pendapat menunjukkan bahwa pertarungan ulang antara kedua tokoh tersebut akan sangat ketat.

Dilansir dari Business Insider, Rabu, 20 Desember 2023, Trump unggul 2 poin persentase di antara pemilih terdaftar. Sementara Biden unggul 2 poin di antara calon pemilih.

"Jika anda melihat pemilih terdaftar yang memilih pada tahun 2020, Biden unggul enam poin. Namun, di antara mereka yang tidak memilih pada pemilu terakhir, Trump memimpin dengan 22 poin," menurut media tersebut.

Ada baiknya, menurut Business Insider, mengambil jajak pendapat apa pun tentang pemilu 2024 dengan melihat ke belakang sejarah, karena pemilu dapat berubah secara besar-besaran.

Terlepas dari kemungkinan tersebut, jajak pendapat Times/Siena menegaskan bahwa keputusan Biden untuk mendukung Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam pembalasan negaranya terhadap Hamas, memiliki konsekuensi politik yang besar.

Dalam beberapa hari terakhir, Biden juga telah memperingatkan Israel untuk lebih berhati-hati terhadap korban sipil.

Sampel yang lebih besar juga menunjukkan bahwa Biden berada dalam kesulitan dalam mencoba mencari jalan ke depan dalam pemilu.

Secara keseluruhan, 44 persen pemilih mengatakan Israel harus menghentikan kampanye militernya untuk melindungi korban sipil.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • deadline.com

Namun, dalam jumlah yang hampir sama, 39 persen responden mengatakan Israel tidak boleh mengubah haluan meskipun lebih banyak korban sipil terjadi.

Ada kesenjangan yang lebih besar dalam memberikan lebih banyak bantuan ke Israel, 54 persen pemilih mendukung bantuan ekonomi dan militer tambahan dibandingkan dengan 38 persen yang menentangnya. Di sini, kesenjangan generasi sangat mencolok.

Pemilih berusia 65 tahun ke atas lebih bersimpati terhadap Israel dibandingkan warga Palestina dengan selisih hampir 6 berbanding 1.

Tingkat dukungan tersebut perlahan menurun di antara setiap kelompok umur hingga mencapai generasi muda Amerika. Hampir sebagian besar pemilih terdaftar berusia 18 hingga 29 tahun (46 persen) lebih bersimpati terhadap warga Palestina.

Sebagai informasi, jajak pendapat Times/Siena College terhadap 1.016 pemilih terdaftar dilakukan dari 10 hingga 14 Desember 2023. Margin kesalahan untuk keseluruhan sampel adalah kurang lebih 3,5 poin persentase. Margin kesalahan meningkat untuk subsampel yang lebih kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya