Sikap Cepat Xi Jinping Tangani Gempa China yang Tewaskan Ratusan Orang

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • express.co.uk

Beijing – Presiden China, Xi Jinping, mendesak upaya pencarian dan penyelamatan secara menyeluruh, serta pengaturan yang tepat bagi orang-orang yang terkena dampak gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Kabupaten Jishishan di Provinsi Gansu, Tiongkok barat laut, untuk menjamin keselamatan jiwa dan harta benda para korban.

Bertambah Usia, Perjalanan Perusahaan Properti Ini Makin Bertumbuh Sukses

Sejauh ini, gempa tersebut telah menyebabkan lebih dari 100 kematian di Provinsi Gansu dan 11 kematian di Provinsi Qinghai, serta merusak beberapa infrastruktur seperti air, listrik, transportasi dan komunikasi.

Detik-detik gempa bumi guncang China

Photo :
  • dok. People Daily China
Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat, meminta pemerintah setempat untuk menyelamatkan dan merawat orang-orang yang terluka, untuk meminimalkan korban jiwa.

Dia juga meminta untuk memantau dengan cermat situasi gempa bumi dan perubahan cuaca untuk mencegah bencana sekunder.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Dalam kesempatan yang sama, Xi mendesak alokasi pasokan bantuan ke daerah-daerah yang terkena dampak sesegera mungkin, perbaikan infrastruktur yang rusak seperti listrik, komunikasi, transportasi dan pemanas, serta akomodasi yang layak bagi masyarakat yang terkena dampak untuk menjamin kebutuhan hidup dasar mereka.

Dewan Negara diminta untuk mengirimkan kelompok kerja ke daerah yang terkena bencana untuk memandu pekerjaan bantuan gempa.

"Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok dan Kepolisian Bersenjata Rakyat Tiongkok harus secara aktif bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan penyelamatan darurat dan bantuan bencana, serta melakukan yang terbaik untuk menjamin keselamatan jiwa dan harta benda masyarakat," kata Xi, dikutip dari China People Daily, Rabu, 20 Desember 2023.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Perdana Menteri Li Qiang juga memberikan instruksi mendesak, sebagai upaya sekuat tenaga untuk menyelamatkan mereka yang terjebak dan merawat yang terluka untuk meminimalkan korban jiwa.

Dewan Negara telah mengirimkan kelompok kerja ke daerah-daerah yang terkena dampak untuk membantu memandu upaya bantuan.

Sebagai informasi, Pemerintah di Provinsi Gansu dan Qinghai telah mengorganisir bantuan dengan alokasi segera pada pasokan bantuan seperti kamp dan tempat tidur lipat ke daerah yang terkena dampak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya